Mendikbud Ristek Nadiem Makarim Jaring Masukan Terkait Kampus Merdeka Saat Kunjungan Kerja Ke Bandung

- 19 Januari 2022, 10:00 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim berdialog dengan civitas akademika Universitas Padjajaran (Unpad) terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di Bandung Senin 17 Januari 2022.
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim berdialog dengan civitas akademika Universitas Padjajaran (Unpad) terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di Bandung Senin 17 Januari 2022. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menjaring masukan terkait program Kampus Merdeka saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung.

Hal itu terungkap saat Mendikbud Ristek berdialog dengan civitas akademika Universitas Padjajaran (Unpad) terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Senin 17 Januari 2022.

Pada dialog itu, Nadiem Makarim mendengarkan berbagai pengalaman yang dirasakan oleh mahasiswa maupun dosen Unpad selama menjalankan MBKM.

"Saya ke sini untuk mendengar dan mencatat setiap masukan tentang MBKM," katanya di hadapan 60 mahasiswa program MBKM Unpad dan rektor-rektor perguruan tinggi di Bandung, seperti dilansir laman Kemendikbud Ristek.

Nadiem Makarim menilai, interpretasi setiap mahasiswa bisa berbeda tentang program MBKM, ada yang mendefinisikan MBKM agar bisa ikut pertukaran pelajar, ada yang menginterpretasikan sebagai program untuk mendapatkan KIP Kuliah yang sekarang diperbesar untuk program studi mahal.

"Bisa bermacam-macam. Tetapi itu semua tetap dalam kerangka Kampus Merdeka," tuturnya.

Baca Juga: Masyarakat Kampus Apresiasi Program Kampus Merdeka yang Sudah Berjalan Hampir Dua Tahun

Mendikbud Ristek menjelaskan, kebijakan program MBKM memberi perbedaan besar pada dunia pendidikan tinggi Indonesia. Di program ini, tidak hanya mahasiswa yang diberi kesempatan untuk belajar di luar prodinya, tetapi dosen juga berkesempatan untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya di luar kampus.

"Kalau kita tidak melakukan perubahan yang besar atau memukul gong perubahan yang dramatis, kita tidak akan bisa mengejar ketertinggalan," katanya.

Menanggapi hal tersebut, salah satu peserta program MBKM Mahasiswa Mengajar, Yoga Asmara, dari Fakultas Hukum Unpad menyampaikan apresiasi kepada Mendikbud Ristek karena telah menginisiasi MBKM.

Menurutnya, secara konsep program ini sangat ideal bagi mahasiswa. Namun demikian, Yoga menyebut masih ada hal-hal teknis dalam pelaksanaan MBKM belum sesuai dengan konsep yang disampaikan Mendikbud Ristek.

Baca Juga: Kabar Baik, KIP Kuliah Merdeka Berlanjut Tahun 2022, Simak Penjelasan Mendikbud Ristek

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x