Gamelan Menjadi Warisan Budaya Dunia, Mendikbud Ristek Sampaikan Apresiasi Kepada Pegiat Budaya

- 16 Desember 2021, 18:56 WIB
Gamelan secara resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda Dunia dari Indonesia yang ke-12.
Gamelan secara resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda Dunia dari Indonesia yang ke-12. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Gamelan secara resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda Dunia dari Indonesia yang ke-12.

Berdasarkan sidang UNESCO sesi ke-16 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Perancis, pada 15 Desember 2021, memasukkan Gamelan ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage atau Warisan Budaya Takbenda (WBTB) UNESCO.

Terkait hal itu, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyampaikan kegembiraan dan rasa bangga atas capaian di bidang kebudayaan yang diperjuangkan sejak tahun 2019 tersebut.

"Ini adalah capaian kita sebagai bangsa Indonesia yang tumbuh dalam keragaman budaya," katanya di Jakarta, Kamis 16 Desember 2021, seperti dilansir laman Kemendikbud Ristek.

Nadiem Makarim menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap upaya pelestarian Gamelan yang dilakukan berbagai pihak sejak lama. "Terima kasih kepada para pelaku budaya tradisi, khususnya pegiat gamelan yang terus semangat melestarikan dan memajukan kebudayaan Nusantara," ujarnya.

Gamelan, menurut Mendikbud Ristek, telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia dan terus diwariskan dari generasi ke generasi sampai hari ini. "Capaian ini adalah pengingat kita untuk terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Berbudaya," ajaknya.

Sebelumnya, Indonesia telah berhasil mencatatkan 11 Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO, antara lain, Wayang (2008), Keris (2008), Batik (2009), Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009), Angklung (2010), Tari Saman (2011), Noken (2012), Tiga Genre Tari Bali (2015), Kapal Pinisi (2017), Tradisi Pencak Silat (2019), dan Pantun (2020).

Dukungan

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan bahwa sejak tahun 2012, Kemendikbud Ristek membantu penyediaan gamelan ke berbagai sanggar.

"Pemerintah daerah juga turut aktif mendukung upaya pelestarian gamelan melalui berbagai program seperti fasilitasi penyediaan gamelan, gamelan masuk sekolah, festival gamelan, kompetisi, pawai, pertunjukan dan pelatihan gamelan," katanya.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x