Kuota Data Internet Gratis Desember 2021 Segera Disalurkan, Ini Kata Mendikbud Ristek

- 9 Desember 2021, 16:57 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.* Tambahan bantuan kuota data internet gratis pada Desember 2021 segera disalurkan oleh Kemendikbud Ristek.
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.* Tambahan bantuan kuota data internet gratis pada Desember 2021 segera disalurkan oleh Kemendikbud Ristek. /Kemendikbud Ristek/

Literasi News - Tambahan bantuan kuota data internet gratis pada Desember 2021 segera disalurkan oleh Kemendikbud Ristek.

Tambahan bantuan kuota data internet gratis itu akan mulai disalurkan secara bertahap pada tanggal 11 Desember sampai dengan 15 Desember 2021, dengan masa berlaku 30 hari terhitung sejak diterima.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyebutkan, bantuan kuota data ini untuk mendukung proses pembelajaran yang berlangsung secara kombinasi antara tatap muka terbatas dan PJJ saat ini.

"Kami memutuskan untuk memberikan tambahan bantuan di bulan Desember," kata Nadiem Anwar Makarim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis 9 Desember 2021, seperti dilansir Antara.

Disebutkan, pemberian tambahan bantuan kuota data internet kepada pendidik dan peserta didik itu didasari penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Meraih Anugerah Meritokrasi KASN 2021, Predikat Sangat Baik

Nadiem Makarim menjelaskan penyesuaian jumlah kuota data yang diberikan pada periode tambahan itu. Bagi Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapatkan kuota data sebesar 3 (tiga) gigabit/bulan. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) mendapatkan kuota data sebesar 4 (empat) gigabit per bulan.

"Untuk guru jenjang PAUD Dikdasmen, Mahasiswa, dan Dosen akan mendapatkan tambahan bantuan kuota data internet sebesar lima gigabit per bulan," kata Mendikbud Ristek.

Adapun sisa kuota paket data internet yang tidak terpakai setiap bulannya akan hangus atau tidak bersifat kumulatif untuk bulan selanjutnya.

"Silakan digunakan seoptimal mungkin untuk mengakses materi-materi belajar yang tersedia baik di portal Rumah Belajar atau berbagai kanal edukasi lainnya," ucap Nadiem Makarim.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x