Ada 560 Lowongan Sebagai Pengajar Praktik di Kemdikbud, Simak Tanggal Pendaftaran dan Seleksinya

- 24 Januari 2021, 08:00 WIB
Guru SDN Lebakngok Kota Cirebon, menunjukkan video yang diunduh terlebih dahulu sebelum ditayangkan kepada para siswa. Tahun 2021, Kemendikbud membuka seleksi calon pengajar praktik untuk Pendidikan Guru Penggerak.*
Guru SDN Lebakngok Kota Cirebon, menunjukkan video yang diunduh terlebih dahulu sebelum ditayangkan kepada para siswa. Tahun 2021, Kemendikbud membuka seleksi calon pengajar praktik untuk Pendidikan Guru Penggerak.* /Pikiran-Rakyat.com/Egi Septiadi/

Literasi News - Sejak 18 Januari 2021, Kemendikbud telah membuka pendaftaran seleksi Pendidikan Guru Penggerak untuk angkatan III. Pendaftaran ditutup pada tanggal 15 Maret 2021.

Selain PGP, tahun ini Kemendikbud juga akan merekrut calon pengajar praktik untuk angkatan ketiga. Bagi yang berminat, kuota yang tersedia ialah 560 orang. Seleksi pengajar praktik ini terbuka bagi guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan praktisi pendidikan.

Baca Juga: Dzikril Hakim, Barista Asal Bandung Luncurkan Single Perdananya ‘Bermalam di Keningmu’

“Nantinya, para pengajar praktik mempunyai peran untuk memfasilitasi calon Guru Penggerak dalam melakukan refleksi, membuat capaian perkembangan, melakukan evaluasi, memberikan umpan balik, serta memfasilitasi lokakarya pada proses PGP,” kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Program Pendidikan Guru Penggerak, Kasima, Senin 18 Januari 2021, seperti dikutip dari laman www.kemdikbud.go.id.

Mengenai waktu dan tahapan seleksi calon pengajar praktik (pendamping) PGP adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo Menjalani Isolasi Mandiri Setelah Umumkan Positif Corona

  1. Pendaftaran dibuka pada 18 Januari hingga 15 Maret 2021.
  2. Penilaian seleksi tahap pertama akan dilakukan pada tanggal 30 Maret s.d 16 April 2021, setelah semua dokumen yang diunggah oleh peserta dilakukan verifikasi dan validasi.
  3. Seleksi tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei - 11 Juni 2021 yang terdiri dari simulasi mengajar dan wawancara.

Perlu diketahui, sebelum ditetapkan menjadi pengajar praktik, peserta akan mendapat pembekalan fasilitasi dan pendampingan terkait Pendidikan Guru Penggerak terlebih dahulu.

Baca Juga: Tinggal Satu Jam Lagi

PGP merupakan program pendidikan kepemimpinan guna menyiapkan para Guru Penggerak yang dapat menjadi pemimpin pembelajaran masa depan. Oleh karenanya, program Guru Penggerak menitikberatkan pada kemandirian guru dalam mengembangkan profesi dan kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership).

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x