Kapan Pendaftaran 1 Juta Guru PPPK Dibuka? Simak Keterangan dari Kemdikbud Ini

- 25 Desember 2020, 13:45 WIB
Ilustrasi Guru Honorer. Para guru honorer diberi kesempatan menjadi guru PPPK dengan mengikuti seleksi pada awal tahun 2021.
Ilustrasi Guru Honorer. Para guru honorer diberi kesempatan menjadi guru PPPK dengan mengikuti seleksi pada awal tahun 2021. /Foto : dok.pikiran-rakyat.com/


Literasi News - Pada akhir November, pemerintah mengumumkan tentang program seleksi tenaga PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahun 2021. Salah satu yang diutamakan dalam seleksi itu ialah pemenuhan untuk posisi guru.

Mendikbud terdahulu, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Seleksi PPPK 2021 adalah jawaban pemerintah agar kesejahteraan para guru honorer bisa setara dengan ASN. Ada kuota 1 juta guru yang akan berstatuts PPPK.

Melalui program tersebut, pemerintah memberi kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer untuk membuktikan kompetensi mereka bahwa layak menjadi ASN.

Baca Juga: Sejumlah Jaringan Irigasi di Cianjur Rusak Akibat Bencana Hidrometeorologi

Nantinya, seluruh guru yang lolos seleksi, akan mendapatkan hak yang sama seperti PNS mulai dari gaji, hingga tunjangan-tunjangan. Yang tidak ada hanyalah tunjangan pensiun.

Nadiem meyakini, seleksi PPPK 2021 bagi para guru honorer, adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik.

Pemerintah berharap, naiknya status guru honorer sebagai PPPK, maka bisa meningkatkan kesejahteraan para guru honorer. Dengan naiknya kesejahteraan, maka guru semakin fokus dalam membimbing siswanya.

Baca Juga: Rumah Semi Permanen Milik Hasan di Sukaresmi Cianjur Ludes Terbakar

Untuk menyukseskan program itu, tiga lembaga negara yaitu Kemendikbud, Kemenkeu, KemenPAN-RB, dan Badan Kepegawaian Daerah, terus berkoordinasi.

Dalam beberapa minggu terakhir, ketiganya juga gencar sosialisasi di daerah. Salah satu yang ditekankan dalam sosialisasi itu ialah formasi yang diajukan daerah.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x