Ada yang Belum Kebagian? 1Juta Lebih Pelaku UMKM Jabar Dapat Banpres Rp2,4 Juta

- 16 September 2020, 20:25 WIB
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar Kusmana Hartadji (Foto: Humas Pemprov Jabar) /

LiterasiNews - 1.028.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Barat menerima Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro. Masing-masing pelaku usaha memperoleh bantuan dana sebesar Rp2,4 juta.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar, Kusmana Hartadji mengatakan, jumlah penerima Banpres tersebut masih berubah. Pihaknya masih memvalidasi data pelaku UMKM calon penerima karena masih adanya data UMKM yang belum lengkap.

Baca Juga: Ditengah Pandemi Covid-19, UMKM Subang Ekspor 20 ton Arang ke Arab Saudi 

"Surat keputusan (penerima bantuan) kelima dan keenam belum turun ke kami. Kami juga masih memperbaiki data karena masih ada alamat kosong dan lain sebagainya," kata Kusmana, di Bandung, Selasa 15 September 2020.

Pihaknya bersama dinas yang menaungi UMKM di tiap kabupaten/kota sudah mengusulkan sekitar 1.538.344 pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan.

Selain Dinas KUK Jabar, usulan pun dilakukan perbankan, Permodalan Nasional Madani (PNM), dan koperasi. PNM sendiri dikabarkan mengusulkan sekitar 1juta mitra UMKM-nya.

Baca Juga: Kasus Keji di Tangerang Akibat PJJ, Komisi X: Ini Adalah Peringatan Keras Bagi Kemendikbud

Selain mendorong pelaku UMKM, lanjut dia, pihaknya juga turut mendampingi pelaku UMKM agar dapat mengakses perbankan.

"Kami punya program UMKM Juara. Kita punya by name by address sekitar 3.000 UMKM untuk diprospek oleh beberapa kantor cabang bank bjb," ujar Kusuma.***

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X