Pelepasan Jemaah Haji Indonesia Kloter Terakhir Tinggalkan Mekkah, Kini Operasional Haji Terfokus di Madinah

- 5 Agustus 2022, 21:33 WIB
Pelepasan Jemaah Haji Indonesia Kloter Terakhir Tinggalkan Mekkah, Kini Operasional Haji Terfokus di Madinah
Pelepasan Jemaah Haji Indonesia Kloter Terakhir Tinggalkan Mekkah, Kini Operasional Haji Terfokus di Madinah /KEMENAG RI/

Literasi News - Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC 43) menjadi rombongan terakhir yang meninggalkan Madinah. Kelompok Terakhir (Kloter) jemaah haji Indonesia gelombang kedua tersebut sudah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah.

Mereka diberangkatkan menuju Madinah untuk menjalani Ibadah Arbain (salat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi). Mereka akan tinggal di Madinah selama delapan atau sembilan hari untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Tanah Air pada 13 Agustus 2022.

“Alhamdulillah sore hari ini, SOC 43 sudah kita lepas menuju Madinah. Ini menandakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah sudah selesai. Operasional haji terfokus di Madinah,” terang Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab usai melepas keberangkatan jemaah haji SOC 43 menuju Madinah dari Hotel Kiswa, Jarwal – Makkah.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini, 6 Agustus 2022: Cek Jam Tayang AFF U16 Indonesia vs Vietnam, Liga 1, Panggilan

Hadir melepas jemaah juga, Direktur Pengelolaan Dana Haji Jaja Jaelani, Kepala Daker Makkah M Khanif, serta seluruh petugas sektor 5 Daker Makkah. 

“Jadi semua konsentrasi di Madinah untuk menuntaskan pemulangan kloter-kloter yang ada di Madinah sampai 13 Agustus,” sambung Saiful Mujab. 

Selanjutnya, kata Saiful, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan melakukan evaluasi pelaksanaan kerja di Makkah. Selain itu, dalam satu dua hari ke depan juga akan dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan tidak ada satu pun jemaah yang tertinggal di Makkah.

Baca Juga: Inilah Nama Lengkap Baby R Anak Ria Ricis dan Teuku Ryan, Ternyata Pakai Cut, Simak Artinya

Saiful memberikan apresiasi tinggi atas kinerja seluruh petugas Daker Makkah. Menurutnya, selama 60 hari bertugas, semuanya berjalan sesuai SOP dan lancar, tidak ada kendala yang signifikan. 

"Ada kendala-kendala kecil dan itu bisa diatasi dengan cepat. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh petugas PPIH di Makkah khususnya, baik dari Daker, Sektor dan Sektor khusus, seluruhnya bisa melaksanakan dengan baik,” tuturnya. 

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x