Jemaah Haji Usia 65 Tahun ke atas Prioritas Haji 2023/1444 H ?. Ada 57Ribu Lebih Calon Jemaah Haji Usia Lanjut

- 2 Agustus 2022, 19:21 WIB
Ilustrasi: Jemaah Haji Usia 65 Tahun ke atas Prioritas Haji 2023/1444 H ?. Ada 57Ribu Lebih Calon Jemaah Haji Usia Lanjut
Ilustrasi: Jemaah Haji Usia 65 Tahun ke atas Prioritas Haji 2023/1444 H ?. Ada 57Ribu Lebih Calon Jemaah Haji Usia Lanjut /ANTARA/

Literasi News - Jemaah haji usia 65 tahun ke atas yang belum berangkat pada tahun 2022 akan menjadi prioritas pada pemberangkatan musim haji tahun 2023 M/1444 H.

Demikian usulan yang disampaika Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto kepada Kementerian Agama (Kemenag). Menurutnya saat ini kurang lebih ada 57Ribu Calon Jemaah Haji Usia Lanjut.

"Banyak masyarakat yang bertanya tentang nasib jemaah yang sudah mengantri sekian lama namun mereka belum bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Sebab usianya tidak sesuai ketentuan dari pemerintah Arab Saudi, jangan khawatir mudah-mudahkan pemerintah akan memperjuangkan jemaah ini," ujar Yandri Susanto.

Baca Juga: Link Download Logo HUT RI ke-77 PNG, Lengkap Makna dan Filosofinya, Siap di Pakai 17 Agustus 2022

Dikatakan Yandri ada kurang lebih 57Ribu calon jemaah haji dengan usia lanjut yang memerlukan perhatian dan menanti untuk diberangkatkan ibadah menuju tanah suci.

"Masyarakat yang belum berangkat haji tahun ini karena usia di atas 65 tahun, Insya Allah akan menjadi prioritas pada musim haji tahun depan," tambah Yandri Susanto pada laman resmi Kemenag.

Tahun ini, memang belum bisa berangkat ke tanah suci, selain pandemi belum berakhir, cuaca ekstrim di Arab Saudi juga menjadi salah satu pertimbangan jemaah dengan usia di atas 65 tahun belum diberangkatkan.

Baca Juga: Film Pengabdi Setan 2: Communion Bikin Geger, Netizen: Bener-Bener di Luar Nalar

Yandri berharap agar masyarakat dapat mendoakan untuk kelancaran pelaksanaan haji di tengah kenaikan biaya haji sampai mendekati angka 100 juta rupiah.

"Saat ini biaya haji hampir 100 juta rupiah, namun masyarakat hanya membayar rata-rata 35 juta rupiah, pelayanan baik di dalam negeri dan di tanah suci juga terus ditingkatkan agar masyarakat dapat beribadah dengan nyaman dan khusyu," ungkap Yandri.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x