Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Indonesia: 3 Kloter Terakhir Jemaah ke Madinah Tutup Operasional Daker Mekkah

- 5 Agustus 2022, 19:06 WIB
Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Indonesia: 3 Kloter Terakhir Jemaah ke Madinah Tutup Operasional Daker Mekkah
Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Indonesia: 3 Kloter Terakhir Jemaah ke Madinah Tutup Operasional Daker Mekkah /KEMENAG RI/

Literasi News - Jadwal pemulangan jemaah haji ditutup dengan keberangkatan 3 kloter Jemaah haji dari Mekkah ke Madinah, sekaligus menutup operasional Daker Mekkah.

Operasional penyelenggaraan haji di Daerah Kerja (Daker) Mekkah berakhir hari ini. Hal itu ditandai dengan keberangkatan tiga kloter terakhir menuju Madinah.

Ketiga kloter terakhir tersebut adalah kloter 8 Embarkasi Balikpapan (BPN), kloter 42 dan 43 Embarkasi Solo (SOC).

Baca Juga: Usai Tasyi Athasyia Viral, Kini Tasya Farsya Juga Trending di Twitter, Ada Apa Ini? Simak Alasan Utamanya

“Alhamdulillah, operasional layanan Daker Mekkah berakhir hari ini. Sebanyak 45.124 jemaah haji yang tergabung dalam 114 kloter sudah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, dari 15-30 Juli 2022,” terang Kepala Daker Makkah M Khanif di Makkah, Kamis 4 Agustus 2022.

“Hari ini, tiga kloter terakhir jemaah haji gelombang kedua diberangkatkan menuju Madinah, yaitu: BPN 8, SOC 42, dan SOC 43. Layanan untuk jemaah haji di Daker Makkah berakhir hari ini,” sambungnya dilansir dari laman resmi Kemenag.

Menurut Khanif, pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah menuju Madinah sudah berlangsung sejak 21 Juli 2022. Total ada 47.460 jemaah haji Indonesia yang telah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah hingga 4 Agustus 2022. Jemaah haji itu tergabung dalam 126 kloter.

Baca Juga: Tafsir Mimpi Melihat Ular Apakah Pertanda Baik atau Buruk? Begini Menurut Kitab Primbon Jawa

Seiring berakhirnya operasional Daker Makkah, kini layanan jemaah haji terfokus di Madinah, baik di hotel maupun layanan kepulangan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

Jemaah haji gelombang kedua tinggal di Madinah dalam rentang delapan atau sembilan hari. Mereka menjalani ibadah Arbain atau salat wajib berjamaah selama 40 waktu.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x