Komisi I DPRD Jabar Minta Jaswita Perbaiki Pengelolaan Pondok Seni Pangandaran

- 10 Februari 2022, 10:07 WIB
Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat H Nasir.
Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat H Nasir. /Tangkap Layar/IG DPRD Jabar

Literasi News - Komisi I DPRD Jabar meminta PT Jasa dan Pariwisata (Jaswita) menggandeng investor untuk mengoptimalkan pengelolaan Pondok Seni Pangandaran.

Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPRD Jawa Barat H Nasir saat melakukan kunjungan ke Pondok Seni Pangandaran, Rabu 9 Februari 2022.

Baca Juga: Dua Anggota DPRD Kabupaten Cianjur Positif COVID-19 Hasil Tes PCR Mandiri, Kini Tengah Menjalani Isolasi

Pondok Seni Pangandaran merupakan aset milik propinsi Jawa Barat yang diserahkan kepada PT Jaswita sebuah BUMD milik Pemprop Jabar.

Tanah seluas, 1,6 ha ini di atasnya terdapat 8 cottage dan puluhan kamar penginapan. Untuk kamar penginapan hingga saat ini sudah terbengkalai tidak terpakai.

"Sedangkan cottage secara bertahap sedang dilakukan perbaikan agar dapat dimanfaatkan dan disewakan kepada para wisatawan yang berkunjung ke pangandaran," ujar H Nasir.

Dalam kesempatan itu, Komisi I DPRD Jabar meminta agar aset pemprov ini dijaga keamanannya dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

H Nasir mengingatkan, bahwa BUMD selayaknya mampu berkonstribusi kepada keuangan daerah, kiranya jika PT Jawista secara sendiri kurang mampu memanfaatkan aset ini, maka dapat bekerjasama dengan investor untuk membangun perhotelan bintang 3 atau 4 di tempat ini, tetapi fungsi pondok seni tetap dipertahankan.

Baca Juga: Soal Dugaan Kekerasan Pramuka di SMAN 1 Ciamis, DPRD Jabar Minta Ada Evaluasi Menyeluruh

"Melihat kondisi aset ini saya mempunyai beberapa catatan, pertama dalam kondisi apapun aset ini harus aman, dua: silahkan manfaatkan semaksimal mungkin kalau perlu cari investor untuk membangun hotel di tempat ini, ketiga: fungsi pondok seni jangan sampai hilang," tegas anggota Fraksi PKB yang terpilih dari dapil Subang Majalengka dan Sumedang.***

Editor: Dipo Sasono


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah