Pesepakbola Tertua itu Bernama Kazuyoshi Miura, Kakek dari Jepang yang Masih Kuat Gocek Bola

- 14 Januari 2021, 06:33 WIB
PEMAIN Yokohama FC, Kazuyoshi Miura berusia 52 tahun.*
PEMAIN Yokohama FC, Kazuyoshi Miura berusia 52 tahun.* /Instagram Yokohama FC/

Literasi News - Siapakah pesepak bola tertua yang saat ini masih aktif bermain di lapangan hijau bersama klub profesional? Mungkin sebagian akan memberikan nama Zlatan Ibrahimovic (AC Milan) atau Cristiano Ronaldo (Juventus) sebagai jawabannya.

Tetapi bukan kedua pemain itu yang dimaksud. Dia adalah Kazuyoshi Miura, kakek dari Jepang yang masih kuat gocek bola bundar di atas lapangan hijau bersama Yokohama FC.

Di antara pemain-pemain lainnya terutama yang bermain di kancah kompetisi Liga Jepang (J-League) Kazuyoshi Miura adalah seorang legenda hidup. Dia pun menyandang sebutan yang lumayan gahar yaitu King Kazu.

Baca Juga: Jadwal Samsat Keliling Semarang Hari Ini, Kamis 14 Januari 2021

Kazu adalah bintang sepak bola pertama dari Negeri Matahari, Jepang. Selain dikenal dengan julukan King Kazu, dia pun dikenal memiliki perayaan spesial setiap kali mencetak gol ke gawang lawan yaitu Kazu Dance.

Lahir pada 26 Februari 1967 di Kota Shizuoka, menimba ilmu sepak bola untuk pertama kalinya di klub Shizuoka Gakuen High School ketika dia masih berusia remaja. Pada tahun 1982 dia nekat melanglang buana ke negeri Brasil untuk bergabung bersama Clube Atletico Juventus saat usianya masih 15 tahun.

Petualangannya di klub Clube Atletico Juventus berlangsung selama empat tahun. Kemudian dia bergabung dengan klub kesohor Brasil yaitu Santos dan mengisi pos penyerang di kesebelasan yang banyak melahirkan legenda dari Negeri Samba itu.

Baca Juga: Kata Raffi, Nagita Slavina Kepengin Banget Divaksin Covid-19

Di Brasil, Kazu bermain untuk beberapa klub terkenal termasuk Palmeiras dan Coritiba sampai pada akhirnya dia memilih pulang kampung ke Jepang pada tahun 1990. Pada momen inilah pesona bintang Kazu mulai tampak di masyarakat Jepang yang mulai menyukai sepak bola.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x