Amalan dan Doa Dianjurkan di Hari Tasyrik, 3 Hari Setelah Idul Adha Dilarang Puasa

- 12 Juli 2022, 09:30 WIB
Amalan dan Doa Dianjurkan di Hari Tasyrik, 3 Hari  Setelah Idul Adha Dilarang Puasa
Amalan dan Doa Dianjurkan di Hari Tasyrik, 3 Hari Setelah Idul Adha Dilarang Puasa /Freepik/

Literasi News - 3 hari setelah Idul Adha umat Islam dilarang puasa. Ke 3 hari itu disebut hari tasyrik. Namun ada amalan dan doa yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Tasyrik.

Hari tasyrik jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah atau lebih tepatnya tiga hari setelah hari raya Idul Adha, yakni setelah perayaan hari raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah, kita memasuki hari tasyrik.

Dalam rentang waktu tiga hari Tasyrik setelah hari Idul Adha tersebut, jamaah yang menunaikan ibadah haji sedang berada di Mina. Pada tanggal itu pula mereka melempar jumrah.

Baca Juga: Jadwal Liverpool vs Man United Live Indosiar, 12 Juli 2022: Cek Jam Tayang Pra Musim Bangkok Century Cup 2022

Di tahun 2022 ini, hari tasyrik jatuh pada tanggal 11-13 Juli 2022, dimana hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 berdasarkan sidang isbat Kemenag pada 29 Juni lalu.

Hari Tasyrik merupakan hari di mana umat Islam dilarang berpuasa karena pada Hari Tasyrik itu, hari untuk makan dan minum (HR. Thabrani).

Meski pada saat perayaan hari tasyrik umat Islam tidak boleh berpuasa, mereka dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan doa di antaranya dengan membaca Dzikir.

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Ini Selasa 12 Juli 2022: Ada Makan Enak, Biar Viral, High Society, Kurulus Osman 2

Dikutip Literasinews dari laman Dompet Dhuafa, berikut amalan dan doa yang dapat dilakukan saat hari tasyrik untuk mendapatkan keutamaan :

1. Memperbanyak Doa
Salah satu amalan yang harus ditingkatkan selama hari tasyrik adalah memperbanyak doa. Karena kita tidak pernah tahu doa yang mana yang akan Allah kabulkan untuk kita.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x