Amalan Sebelum Melaksanakan Sholat Sunnah Idul Fitri Lengkap Dengan Bacaan Niat Sholatnya

- 26 April 2022, 12:45 WIB
Amalan Sebelum Melaksanakan Sholat Sunnah Idul Fitri Lengkap Dengan Bacaan Niat Sholatnya.
Amalan Sebelum Melaksanakan Sholat Sunnah Idul Fitri Lengkap Dengan Bacaan Niat Sholatnya. /freepik.com/pikisuperstar

Literasi News - Hari raya Idul Fitri selalu dilakukan setiap tanggal 1 Syawal. Seluruh umat Islam yang tidak ada halangan dianjurkan untuk menjalankan sholat Sunnah Idul Fitri di masjid. Setiap orang pada hari itu dianjurkan menampakkan kebahagiaan dan kegembiraan.

Umat Islam setelah melakukan puasa selama 1 bulan penuh, dianjurkan untuk melaksakan sholat Sunnah Idul Fitri karena Sholat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan).

Berikut ini adalah Amalan sebelum melakukan Sholat Sunnah Idul Fitri dan Bacaan Niat Sholatnya yang kami rangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Idul Fitri Berapa Hari Lagi ? Ini Jadwal Libur Lebaran 2022 dan Cuti Bersama Hari Raya, Catat Tanggalnya!

1. Dianjurkan Mandi sebelum berangkat sholat Idul Fitri

Sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu Umar ra Dari Nafi’, (ia berkata bahwa) ‘Abdullah bin ‘Umar biasa mandi di hari Idul Fithri sebelum ia berangkat pagi-pagi ke tanah lapang. (HR. Malik dalam Al-Muwatho’ 426)

2. Berhias Diri dan Memakai Pakaian Terbaik

3. Makan Sebelum Sholat Idul Fitri

Sebelum berangkat menunaikan sholat Idul Fitri, umat Islam dianjurkan untuk makan. Hal ini merupakan bentuk dari larangan berpuasa di hari kemenangan Seperti yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata,

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fitri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya,"(HR. Ahmad 5: 352)

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x