Kumpulan Doa yang Sering Dibaca Rasulullah, Jangan Sampai Lupa Amalkan Selama Bulan Ramadhan

- 7 April 2022, 19:18 WIB
Kumpulan Doa yang Sering Dibaca Rasulullah, Jangan Sampai Lupa Amalkan Selama Bulan Ramadhan
Kumpulan Doa yang Sering Dibaca Rasulullah, Jangan Sampai Lupa Amalkan Selama Bulan Ramadhan /Pixabay/

Literasi News - Doa merupakan kunci dari suatu ibadah. Semua ibadah yang dilakukan umat Islam pada intinya membaca doa agar ibadah yang dikerjakan diterima Allah Swt.

Sebagaimana tertuang dalam Al-Quran surah Al-Mu'min ayat 60, yang artinya: "Mintalah (berdoalah) kepada-Ku, niscaya akan aku kabulkan." (QS. Al-Mu'min: 60)

Contohnya, Rasulullah ﷺ yang tidak pernah berputus asa dalam berdoa. Sebagai manusia istimewa, Rasulullah senantiasa berdoa. Berdoa dengan mengharapkan segala kebaikan dan perlindungan dari Allah Swt.

Di bulan Ramadan, amal ibadah kita akan diganjar pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengamalkan berbagai macam doa yang sering dibaca Rasulullah berikut ini dalam keseharian kita.

Baca Juga: 20 Hp Xiaomi Terbaru Beserta Harga di Bulan April 2022, Mulai dari Rp1 Jutaan

1. Doa Meminta Perlindungan dan Keselamatan
Menurut hadis riwayat Bukhari, doa yang paling sering dibaca oleh Rasulullah, terutama setelah shalat adalah doa mohon diberikan perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Allahumma rabbanaa aatina fid dun-ya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qina ‘adzaban naar"

Artinya: "Wahai Rabb, karuniakanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka."

2. Doa Memohon Keteguhan Iman
Imam Abu Daud meriwayatkan dari Syahr bin Hausyab berkata bahwa ia mendatangi Ummi Salamah dan bertanya mengenai doa apa yang paling sering dibaca oleh Nabi Muhammad. Ummi Salamah menjawab bahwa Rasulullah selalu membaca doa untuk memohon keteguhan iman seperti berikut ini:

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x