Perlu Tahu, Ini Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan Kulit

- 27 September 2020, 11:07 WIB
Ilustrasi buah semangka
Ilustrasi buah semangka /Istimewa/

 

Literasi News - Pasti sudah tak asing dengan manfaat vitamin B yang baik untuk kecantikan. Satu si antaranya yang paling populer dan sering digunakan sebagai key ingredients skincare adalah vitamin B3, atau dikenal dengan niacinamide.

Vitamin B3 telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan produk kolagen dan memudarkan noda hitam di wajah. Tak hanya niacinamide atau vitamin B3 yang ampuh untuk kecantikan, melainkan jenis vitamin B lainnya, seperti B1, B2, B5, B6, B9, dan B12 juga memiliki peran serupa.

Dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK mengatakan, vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh untuk mengatasi masalah kulit.

"Kulit justru akan tampak kusam, tidak berkilau, mudah mengalami peradangan atau iritasi, dan mengalami penuaan dini jika kekurangan vitamin B kompleks," kata dokter Ruri dalam keterangan resminya, Sabtu (26/9/2020).

Ia melanjutkan, agar jangan pernah gunakan skincare berbahan vitamin B kompleks secara bersamaan dengan kandungan AHA, BHA, retinol atau vitamin C. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, serta mengurangi efektivitas dari vitamin B kompleks itu sendiri.

“Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada pagi hari, sedangkan kandungan AHA, BHA, retinol, dan vitamin C di malam hari,” terangnya.***

Editor: Zaenal Mutaqin


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x