Budaya dan Tradisi Gorol Warga Pungangan Laksanakan Pembabadan Rumput Buat Akses Jalan Ke Pemakaman

- 6 Januari 2023, 15:56 WIB
Budaya dan Tradisi Gorol Warga Pungangan Laksanakan Pembabadan Rumput Buat Akses Jalan Ke Pemakaman.
Budaya dan Tradisi Gorol Warga Pungangan Laksanakan Pembabadan Rumput Buat Akses Jalan Ke Pemakaman. /Jaenudin/Literasi News

Literasi News - Warga Dusun Pungangan, Desa Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, laksanakan Gorol Pembabadan rumput buat akses jalan dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, pada Jumat 6 Januari 2023.

Dalam mempertahankan sebuah budaya dan tradisi gotong royong atau yang dikenal di daerah ini adalah Gorol, dimana ditengah masyarakat saat ini memang agak sulit, hal ini terbentur dengan adanya beberapa faktor, terutama pergeseran jaman dan kebiasaan ditengah masyarakat. Hingga sedikit demi sedikit hilangnya rasa kebersamaan, saling membantu antar warga mulai terkikis.

Baca Juga: Siaran Langsung Indonesia vs Vietnam di RCTI, Cek Jam Tayang Semifinal AFF dan Jadwal Acara TV 6 Januari 2023

Namun itu tidak terjadi pada Warga Dusun Pungangan, saat melaksanakan Pembabadan rumput buat akses jalan, Semangat saling membantu, kebersamaan dan gotong royong atau yang biasa disebut GOROL itu pasti tumbuh subur dengan diiringi semangat membara saat mereka melakukan pembabadan rumput buat akses jalan, Ini tidak lepas dari semangat warga Dusun Pungangan, yang masih sangat kompak bergotong royong di lingkungannya.

Saat awak media menemui salah satu Kepala Dusun Pungangan yang ada di lokasi dan memberikan keterangannya, bahwa kegiatan hari ini adalah gorol warga Dusun Pungangan untuk akses jalan ke pemakaman umum Dusun Pungangan.

Baca Juga: Rekomendasi Film Terbaik 2023 Hollywood, Ada Indiana Jones and the Dial of Destiny

"Alhamdulillah untuk antusias warga dan swadaya tenaganya dan mungkin hartanya, sedikit banyak sudah di berikan untuk pelaksanaan kegiatan gorol pada hari ini," ucap Suwanda Kepala Dusun Pungangan.

"Terimakasih untuk warga Dusun Pungangan yang sudah ikut berpartisipasi atau sudah mengorbankan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan gorol ini, saya selaku kepala Dusun Pungangan mengucapkan Terima kasih banyak untuk warga Dusun Pungangan," Tutup Suwanda selaku kepala Dusun Pungangan.***

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x