Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id, 6 Bansos Pemerintah Bakal Dibagikan di 2022, ada PKH, dan BLT Minyak Goreng

- 8 April 2022, 13:54 WIB
Ilustrasi.: Petugas sedang melakukan validasi KPM calon penerima PKH di Aula Kelurahan Linggasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id, 6 Bansos dari Pemerintah Bakal Dibagikan di 2022, Ada PKH dan BLT Migor
Ilustrasi.: Petugas sedang melakukan validasi KPM calon penerima PKH di Aula Kelurahan Linggasari Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id, 6 Bansos dari Pemerintah Bakal Dibagikan di 2022, Ada PKH dan BLT Migor /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Terkait hal tersebut, pemerintah membagikan sejumlah bantuan langsung tunai (BLT) maupun bantuan jenis lainnya kepada masyarakat pada 2022. Ada 6 Bansos yang disalurkan pemerintah, untuk mengetahui penerimanya bisa langsung kunjungi cekbansos.kemensos.go.id.

Pengadaan bantuan sosial ini dibagikan agar beban masyarakat lebih ringan di tengah pandemi. Berikut rincian 6 bansos (bantuan sosial) yang disalurkan pemerintah pada 2022:

1. BPNT dan PKH
Kementerian Sosial (Kemensos) masih menyalurkan bansos berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) pada 2022. Bantuan sosial ini ditujukan kepada warga miskin dan rentan.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini, Jumat 8 April 2022: Cek Jam Tayang Mega Series Panggilan, dan Asmara 2 Dunia

Sebagai informasi, besaran bansos PKH yang diberikan pada 2021 bergantung jumlah anggota keluarga penerima manfaat (KPM), meliputi:
Keluarga dengan ibu hamil dan anak usia dini akan mendapatkan Rp 3 juta.

Keluarga yang mempunyai anak di bangku SD mendapat bantuan sebesar Rp 900.000, SMP Rp 1,5 juta, dan SMA Rp 2 juta.
Keluarga yang mempunyai anggota disabilitas atau lansia mendapatkan Rp 2,4 juta. Sementara, besaran bantuan sosial BPNT sebesar Rp 200.000 per bulan.

2. Kartu Prakerja
Program bantuan sosial Kartu Prakerja juga masih berjalan hingga Rabu, 6 April 2022. Saat ini, program Prakerja sudah pada pembukaan gelombang ke-25. Adapun jumlah penerima Kartu Prakerja 2022 ditargetkan sekitar 3-4,5 juta penerima.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menyampaikan bahwa program pelatihan Prakerja yang ditawarkan pada 2022 masih tetap sama, yakni pelatihan semi bantuan sosial.

Baca Juga: Menghadapi Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Jalan Tol dan Jalan Nasional

Insentif yang diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang lolos pelatihan pertama yakni:
Insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan Insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp 50.000 per survei.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x