Game Development Potensial Bangkitkan Ekonomi dan Ciptakan Lapangan Kerja, Ini Kata Menparekraf

- 19 Desember 2021, 15:24 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau ajang Piala Presiden Esports 2021, di Mangupura Hall, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu 18 Desember 2021.
Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau ajang Piala Presiden Esports 2021, di Mangupura Hall, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu 18 Desember 2021. /Kemenparekraf/

Literasi News - Salah satu subsektor ekonomi kreatif yakni game development dinilai memiliki potensi besar untuk membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau ajang Piala Presiden Esports 2021, di Mangupura Hall, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu 18 Desember 2021.

Menparekraf menilai, pengembangan permainan atau game development ini menjadi satu subsektor yang sangat porspektif di tahun 2022 dan di tahun ke depannya. Hal ini karena Indonesia memiliki lebih dari 60 juta gamer dan akan terus bertumbuh.

"Tentunya ini harus kita jadikan sebagai suatu potensi, untuk Indonesia mengambil peran menuju ekonomi nomor empat terbesar dunia di tahun 2045," kata Sandiaga Uno, dilansir laman resmi Kemenparekraf.

Baca Juga: Pariwisata Bisa Menjadi Solusi Bangkitnya Ekonomi Nasional, Ini Alasan Menparekraf

Untuk itu, menurut dia, pemerintah bersinergi dalam menyelenggarakan turnamen Piala Presiden Esports 2021, yang merupakan salah satu upaya untuk memberikan ruang aktualisasi bagi pengembangan esport di Indonesia. Mulai dari aspek sumber daya manusia hingga aspek ekosistem dan industri yang melingkupinya.

Sejak awal berlangsungnya Piala Presiden Esports 2021 ini telah diikuti sebanyak 120.974 peserta. Dan terdapat tujuh game yang dipertandingkan, yaitu Mobile Legends, PUBG, Free Fire, Lokapala, Battle of Satrua Dewa, MPL-Speed Chees, dan eFootball PES.

Menparekraf berharap event ini mampu menjadi representasi dari begitu besarnya potensi esport di Indonesia dan mendorong para pengembang game untuk terus inovatif, kreatif, dan adaptif dalam menghasilkan game-game berkualitas.***

Editor: Hasbi

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x