Sirkuit Mandalika Diyakini Bisa Bangkitkan UMKM, Ini Kata Teten Masduki

- 22 November 2021, 11:33 WIB
Menteri Koperasi UKM Teten Masduki pada acara NTB Expo di Kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu 21 November 2011 kemarin.
Menteri Koperasi UKM Teten Masduki pada acara NTB Expo di Kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu 21 November 2011 kemarin. /KemenkopUKM/

Literasi News - Keberadaan Sirkuit Mandalika diyakini bisa membangkitkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) terutama di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koperasi UKM Teten Masduki saat mengunjungi NTB Expo di Kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu 21 November 2011 kemarin.

MenkopUKM berharap dengan adanya event Internasional di NTB maka akan mampu menaikkan kelas UMKM lokal. Mengingat, Sirkuit Mandalika dibangun dengan tujuan pula untuk meningkatkan investasi, perdagangan, dan pariwisata.

"Karena itu kita perlu menyiapkan lebih baik lagi dari sekarang bagaimana ruang promosi dari produk-produk UMKM di Sirkuit Mandalika ini menjadi lebih kuat mempromosikan produk-produk UMKM," kata MenkopUKM seperti dilansir dari laman resmi KemenkopUKM.

Oleh karena itu, menurut Teten Masduki, pendampingan dan kurasi produk, perbaikan branding, serta perbaikan produk menjadi penting. "Karena dalam banyak kejadian dan peristiwa banyak produk UMKM ditemukan di daerah pariwisata dan bisa masuk ke pasar global," tuturnya.

Baca Juga: Genjot Pemasaran UMKM, Teten Masduki : Pemerintah Daerah Wajib Serap Produk UKM

Selain itu, tambah dia, masuknya produk daerah ke level internasional dimulainya justru dari hal sederhana yakni ketika produk UMKM menjadi oleh-oleh atau suvenir dari wisata itu yang membuka akses produk UMKM masuk ke pasar dunia.

"Kita harus tampilkan produk UMKM yang betul-betul berkualitas jadi bukan hanya menjadi ruang promosi partisipasi UMKM tapi kita harus seleksi karena kita yang mau kedepankan adalah yang memiliki keunggulan dan daya saing produk," ujarnya.

UMKM harus diarahkan untuk fokus dalam dua hal yakni kapasitas produksi dan daya saing produk. "Kita harus menyiapkan produk UMKM kita yang siap bersaing baik dalam negeri maupun luar negeri," katanya.

Baca Juga: Bangun Infrastruktur Logistik Terpadu, Teten Masduki: Untuk Dongkrak Ekspor UKM

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Kemenkop UKM


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x