720 Kyai Meninggal Selama Pandemi, DPW PKB Jawa Barat Gelar Mujahadah di Harlah PKB ke-23

- 23 Juli 2021, 07:23 WIB
Gelaran Mujahadah DPW PKB Jawa Barat yang di pimpin Habib Syarif Al-Idrus  dalam acara harlah PKB ke 23
Gelaran Mujahadah DPW PKB Jawa Barat yang di pimpin Habib Syarif Al-Idrus dalam acara harlah PKB ke 23 /Dok.DPW PKB Jabar/

Literasi News - Ketua DPW PKB Jawa Barat mengungkapkan selama pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia ada sekitar 720 kiai, ajengan, dan pengurus pondok pesantren yang wafat.

Hal itu disampaikan Syaiful Huda dalam acara Mujahadah dalam rangkaian peringatan Harlah PKB ke-23 yang digelar secara daring pada Kamis, 22 Juli 2021.

"Kita prihatin, kita bersedih karena hampir sekitar 720 kyai, ajengan, pengasuh pondok pesantren dan para kyai-kyai kampung yang telah meninggalkan kita terlebih dulu selama hampir setahun setengah ini," Kata Syaiful Huda.

Baca Juga: Jadwal Acara GTV Jumat 23 Juli 2021, Ada Obsesi, Legenda Sang Penunggu, Kisah Viral, hingga The Great Wall

Menurut Huda banyaknya kyai yang wafat ini merupakan pukulan berat bagi kader dan pengurus PKB di seluruh Indonesia.

"Karena sesungguhnya beliau beliaulah yang selama ini membimbing kita, menjadi teladan seluruh perjuangan politik kita. Karena itu kita sangat kehilangan," kata Huda.

Kendati demikian, kata Huda hal ini tidak menutup perjuangan yang tengah dilakukan saat ini bersama para kyai-kyai untuk kedepannya.

Karena itu dia berharap generasi kedua dari para kyai para ajengan bisa meneruskan perjuangan yang telah ditorehkan oleh para pendahulunya.

"Sudah waktunya tampil mengambil inisiatif perjuangan meneruskan para kyai para ajengan yang sudah meletakkan dasar-dasar perjuangan dan meletakkan nilai-nilai perjuangan kita," ujarnya.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x