Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia, Ditembak Saat Berkampanye

- 8 Juli 2022, 22:34 WIB
Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe (67 tahun) meninggal dunia.
Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe (67 tahun) meninggal dunia. /Antara via Reuters

Literasi News - Kabar mengejutkan datang dari negeri sakura, mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe (67 tahun) meninggal dunia pada Jumat 8 Juli 2022.

Menurut lembaga penyiaran publik NHK, Shinzo Abe meninggal akibat ditembak saat berkampanye untuk pemilihan parlemen.

Disebutkan, seorang pria menembak pemimpin terlama di Jepang itu dari belakang dengan senjata buatan sendiri saat Shinzo Abe berpidato dalam kampanye pemilihan parlemen di wilayah bagian barat dari kota Nara.

Insiden penembakan terhadap Shinzo Abe merupakan pembunuhan pertama terhadap seorang pejabat atau mantan perdana menteri Jepang sejak zaman militerisme sebelum perang di tahun 1930-an.

Baca Juga: Jemaah Calon Haji Indonesia Mulai Berdatangan di Arafah untuk Melaksanakan Wukuf

Dilansir Antara dari Reuters, sebelum pengumuman meninggalnya Shinzo Abe, Perdana Menteri Fumio Kishida sangat mengutuk penembakan itu.

Sementara rakyat Jepang dan para pemimpin dunia terkejut atas insiden penembakan yang menewaskan Shinzo Abe di negara yang jarang terjadi kekerasan politik serta ketatnya kontrol senjata.

"Serangan ini adalah tindakan brutal yang terjadi selama pemilihan - dasar dari demokrasi kita - dan benar-benar tidak dapat dimaafkan," kata Kishida.***

Editor: Hasbi

Sumber: Reuters Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x