Pemudik Agar Waspadai 49 Titik Kemacetan di Jawa Barat, Simak Penjelasan Kadishub Jabar

- 26 April 2022, 19:59 WIB
Ilustrasi mudik. Pemudik agar mengantisipasi 49 titik kemacetan di Jawa Barat pada arus mudik Lebaran 2022.
Ilustrasi mudik. Pemudik agar mengantisipasi 49 titik kemacetan di Jawa Barat pada arus mudik Lebaran 2022. /Pixabay/ travelphotographer

Literasi News - Pemudik agar mengantisipasi 49 titik kemacetan di Jawa Barat pada arus mudik Lebaran 2022.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jabar A Koswara, menyebutkan bahwa berdasarkan pengalaman mudik sebelum pandemi, terdapat beberapa titik langganan macet di 12 daerah di Jawa Barat. Antara lain, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Bogor, Cianjur, Bekasi, Sukabumi, Bandung Subang, Purwakarta, dan Karawang.

Disebutkan, mayoritas titik kemacetan itu disebabkan aktivitas pasar tradisional dan pasar tumpah, terminal resmi dan terminal bayangan, persimpangan jalan, tanjakan, jalan berkelok-kelok, tempat wisata, dan volume kendaraan yang meningkat.

Koswara mencontohkan kemacetan sudah hampir pasti akan terjadi di daerah Limbangan, Kabupaten Garut, namun hal itu sudah diantisipasi.

"Di Limbangan, Kabupaten Garut ada tiga titik pasar. Kemacetan disebabkan banyak orang menyeberang. Nanti akan dibuat pembatas agar tidak menyeberang sembarangan," kata Koswara dalam acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate Bandung, Selasa 26 April 2022.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Agar Dioptimalkan Untuk Mudik Lebaran, Simak Penjelasan Gubernur Jabar

Kemudian di Cileunyi, kemacetan bisa saja terjadi akibat kebingungan pemudik membaca rambu lalu lintas karena jalan layang yang baru saja dibuat. Sehingga nantinya akan ditambah rambu-rambu lalu lintas di sekitar "exit" Tol Cileunyi.

"Kami juga menyiapkan Cisumdawu sebagai alternatif menuju Sumedang dan Majalengka," katanya.

Koswara mengatakan selain kendaraan pribadi, Dishub Jabar juga telah memastikan angkutan umum, khususnya bus AKDP dan AKAP yang akan melayani pemudik sudah melalui pemeriksaan, baik di pool atau di terminal saat akan berangkat.

Bus yang dipersiapkan berjumlah 3.709 unit dengan perkiraan mampu mengangkut penumpang sebanyak 166.905 orang per hari.***

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x