Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia Hari Ini Selasa 8 Februari 2022

- 8 Februari 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi hujan lebat. Masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini Selasa 8 Februari 2022.
Ilustrasi hujan lebat. Masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini Selasa 8 Februari 2022. /PIXABAY/rachmadrinaldie

Literasi News - Masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini Selasa 8 Februari 2022.

Berdasarkan informasi peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dilansir Antara, diprakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diperingatkan antara lain untuk Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Kondisi cuaca serupa juga berpotensi terjadi antara lain di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Kemudian di Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Update Covid-19, Kasus Positif Harian Bertambah 26.121 Orang Hari Ini Senin 7 Februari 2022

BMKG juga menyebutkan bibit Siklon Tropis 93S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Barat yang membentuk daerah konvergensi, yang terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Banten dan di Samudra Hindia selatan Jawa Barat.

Peningkatan kecepatan angin (low level jet) yang terinduksi akibat bibit siklon tropis tersebut terpantau di Samudra Hindia barat Banten hingga selatan Jawa Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Riau dan dari Laut Natuna hingga Selat Karimata bagian utara.

BMKG menyebutkan, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.***

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x