Meski Tren Kasus Positif Corona Naik, Jumlah Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Masih Tergolong Rendah

- 5 Februari 2022, 11:11 WIB
Ilustrasi pasien covid-19. Meski tren positif Corona naik, namun jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit masih tergolong rendah hingga saat ini.
Ilustrasi pasien covid-19. Meski tren positif Corona naik, namun jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit masih tergolong rendah hingga saat ini. /Pixabay/Parenting Upstream

Literasi News - Meskipun konfirmasi kasus positif Covid-19 harian di Indonesia trennya meningkat, namun jumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit masih tergolong rendah.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan yang dilansir Antara kemarin.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut terlihat dari kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional yang masih rendah.
"Rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit saat ini juga tidak bergejala dan gejala ringan," kata Siti Nadia Tarmizi.

Menurut dia, hingga saat ini konfirmasi jumlah kasus harian Covid-19 mencapai 32.211 orang. Namun jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit masih rendah.

Baca Juga: Sebanyak 130,12 Juta Penduduk Indonesia Sudah Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua Hingga 4 Februari 2022

Disebutkan, secara nasional tren perawatan pasien atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Indonesia masih berada pada ambang batas yang aman. Hingga saat ini, baru 20 persen atau setara 16.712 pasien yang dirawat dari 80.344 tempat tidur yang tersedia untuk penanganan Covid-19.

Jumlah ketersediaan tempat tidur perawatan khusus pasien Covid-19 juga masih bisa ditambahkan lebih banyak lagi jika dibutuhkan, seperti halnya langkah yang dilakukan pemerintah pada gelombang sebelumnya tahun 2021 lalu.

"Dari data yang kita miliki, meski secara tren kenaikan kasus varian Omicron ini ada kemiripan dengan Delta, namun angka keterisian tempat tidur rumah sakit jauh lebih landai," ujarnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x