Peringatan Dini BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang Hari Ini Minggu 23 Januari 2022

- 23 Januari 2022, 11:16 WIB
Ilustrasi hujan. Peringatan dini BMKG hari ini Minggu 23 Januari 2022. Masyarakat agar mewaspadai hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang.
Ilustrasi hujan. Peringatan dini BMKG hari ini Minggu 23 Januari 2022. Masyarakat agar mewaspadai hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang. /Pixabay/PublicDomainPicture

Literasi News - Peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hari ini Minggu 23 Januari 2022.

Masyarakat agar mewaspadai hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi di Indonesia.

Berdasarkan informasi BMKG dilansir Antara, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi antara lain di Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Potensi cuaca serupa terjadi antara lain di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah yang berpeluang mengalami hujan lebat dan angin kencang tersebut harus mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam.

Disebutkan, hujan lebat bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. Angin kencang bisa menyebabkan pepohonan tumbang dan menimbulkan kerusakan pada bangunan.

Baca Juga: Update Covid-19 Indonesia, Tren Terus Naik, Kasus Positif Bertambah 3.205 Orang Hari Ini Sabtu 22 Januari 2022

Sirkulasi Siklonik

BMKG menyebutkan, keberadaan sirkulasi siklonik serta daerah pertemuan angin atau daerah konvergensi dan konfluensi meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Pusat tekanan rendah atau sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat laut Australia terpantau membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur. Sirkulasi siklonik juga terpantau di Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x