Omicron Lebih Cepat Menular dan Bisa Menginfeksi Penerima Vaksin, Simak Penjelasan WHO

- 21 Desember 2021, 13:30 WIB
Ilustrasi logo WHO.* Varian baru Covid-19 Omicron lebih cepat menular dibandingkan dengan varian Delta. Selain itu juga dapat menginfeksi penerima vaksin.
Ilustrasi logo WHO.* Varian baru Covid-19 Omicron lebih cepat menular dibandingkan dengan varian Delta. Selain itu juga dapat menginfeksi penerima vaksin. /Padrinan/PIXABAY

Literasi News - Varian baru Covid-19 Omicron lebih cepat menular dibandingkan dengan varian Delta. Selain itu juga dapat menginfeksi penerima vaksin atau pasien sembuh Covid-19.

Dirjen WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengungkapkan, ada bukti konsisten bahwa Omicron secara signifikan menyebar lebih cepat ketimbang varian Delta.

"Dan kemungkinan orang-orang yang sudah divaksin atau sembuh dari Covid-19 dapat terinfeksi atau kembali terinfeksi," katanya saat konferensi pers di Jenewa, seperti dilansir Antara dari Reuters, Selasa 21 Desember 2021.

Kepala ilmuan WHO Soumya Swaminathan menjelaskan, varian Omicron bisa lolos dari beberapa respons imun. Itu artinya bahwa program vaksinasi booster yang sedang berlangsung di banyak negara harus menargetkan orang-orang dengan sistem imun yang lemah.

Baca Juga: Tambah Lagi Dua Kasus Baru Omicron di Indonesia, Kemenkes: Perjalanan dari Amerika Selatan dan Inggris

Disebutkan, Omicron tampaknya lebih lincah menghindari antibodi yang dihasilkan dari sejumlah vaksin Covid-19, namun ada bentuk imun lain yang mungkin mencegah infeksi dan penyakit.

"Kami tidak percaya bahwa semua vaksin akan menjadi tidak efektif sama sekali," kata Swaminathan.

Sementara itu, Pakar WHO Abdi Mahamud mengungkapkan, meski melihat antibodi netralisasi menurun, hampir semua data menunjukkan bahwa T-sel masih utuh. "Itulah yang kami benar-benar butuhkan," ujarnya.***

Editor: Hasbi

Sumber: Reuters ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x