Prakiraan Cuaca BMKG Minggu 12 Desember 2021, Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

- 12 Desember 2021, 11:57 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG: hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG: hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. /PIXABAY/PublicDomainPictures./

Literasi News - Berikut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini Minggu 12 Desember 2021. Hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara dari laman resmi BMKG di Jakarta, Minggu 12 Desember 2021, hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang diprakirakan antara lain terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Hujan lebat diprakirakan pula terjadi antara lain di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Kondisi cuaca tersebut bisa terjadi juga antara lain di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Update Covid-19 Sabtu 11 Desember 2021, Bertambah 228 Kasus Positif dan Sembuh 190 Orang

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang antara lain di DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

Selain itu, BMKG memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter antara lain di Perairan Selatan Jawa hingga Lombok, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatera, Perairan Enggano - Bengkulu dan Perairan Utara Manokwari - Pulau Biak.

Gelombang tinggi

Perlu juga diwaspadai gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Laut Natuna Utara.

Oleh karena itu, bidang pelayaran diharapkan memperhatikan peringatan gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG tersebut, yang berlaku dari Minggu 12 Desember 2021 pukul 07:00 WIB hingga Senin 13 Desember 2021 pukul 07:00 WIB

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x