Prakiraan Cuaca BMKG Rabu 1 Desember 2021, Berpotensi Hujan Lebat di Sejumlah Daerah Indonesia

- 1 Desember 2021, 10:58 WIB
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG Rabu 1 Desember 2021, berpotensi  terjadi hujan lebat di sejumlah daerah Indonesia.
Ilustrasi hujan lebat.* Prakiraan cuaca BMKG Rabu 1 Desember 2021, berpotensi terjadi hujan lebat di sejumlah daerah Indonesia. /pixabay.com/PublicDomainPictures/

Literasi News - Berikut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rabu 1 Desember 2021, berpotensi terjadi hujan lebat di sejumlah daerah Indonesia.

Berdasarkan laporan BMKG yang dilansir Antara Rabu 1 Desember 2021, sejumlah daerah di Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Kondisi cuaca tersebut diprakirakan terjadi antara lain di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Selain itu juga terjadi antara lain di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara lain di Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Ini Skenario Pemberangkatan Jamaah Umrah Indonesia, Berikut Penjelasan Menteri Agama

Gelombang tinggi laut

Selain itu BMKG juga memberikan peringatan kepada masyarakat terkait gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter antara lain di Perairan Barat Lampung, Perairan Utara Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, Samudra Hindia Barat Lampung, dan Perairan Utara Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud.

Potensi gelombang tinggi juga berlaku di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Laut Maluku bagian Utara dan Laut Halmahera, Perairan Selatan Banten, dan Perairan Utara Halmahera.

Kondisi serupa dan perlu diwaspadai gelombang tinggi 2,5 - 4 meter di Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Barat, dan Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x