Tangki Kilang Minyak Cilacap yang Terbakar Sudah Berhasil Dilokalisasi, Berikut Kronologi Kejadian

- 14 November 2021, 11:46 WIB
GM Kilang Pertamina Internsional RU IV Cilacap, Eko Sunarno memberikan keterangan pers terkait terbakarnya tangki di area kilang minyak cilacap, Sabtu, 13 November 2021, dua jam setelah kejadian.*
GM Kilang Pertamina Internsional RU IV Cilacap, Eko Sunarno memberikan keterangan pers terkait terbakarnya tangki di area kilang minyak cilacap, Sabtu, 13 November 2021, dua jam setelah kejadian.* /Lensa Banyumas/Ady Purwadi/

Literasi News - Tangki yang terbakar di area kilang minyak Cilacap, Jawa Tengah, saat ini sudah berhasil dilokalisasi.

PT Pertamina (Persero) menyatakan lokalisasi itu dilakukan melalui penanganan secara intensif dan defensif.

Demikian disampaikan General Manager Kilang Cilacap Eko Sunarno dalam keterangan yang dikutip Antara di Jakarta, Minggu 14 November 2021.

Eko menjelaskan kronologi peristiwa kebakaran tersebut. Disebutkan, insiden kebakaran terjadi pukul 19:10 WIB yang terjadi pada tangki 36 T-102.

"Tangki ini berisi komponen produk Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter," katanya.

Saat terjadi kebakaran, menurut Eko, Pertamina langsung melakukan alih tangki komponen produk Pertalite yang tidak terbakar di tangki 36 T-101 ke Terminal BBM Lomanis.

Baca Juga: Satu Tangki di Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Petugas Masih Melakukan Pemadaman, Penyebab Belum Diketahui

Ketika berupaya memadamkan api, tutur Eko, pihaknya menggunakan foam monitor dengan kapasitas penuh, water sprinkel, dan truk pemadam agar api tak menyebar ke tangki-tangki lain.

Sedangkan upaya pemadaman secara offensive dilakukan dengan mengerahkan sekitar 50 personel dari Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD) dan 30 personel pemadam dari internal Pertamina.

Pihaknya juga, tambah dia, melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk pengamanan kondisi di lokasi sekitar area kejadian.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x