Filosofi, Logo dan Tema Hari Santri Nasional 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

- 6 Oktober 2022, 15:02 WIB
Filosofi, Logo dan Tema Hari Santri Nasional 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.
Filosofi, Logo dan Tema Hari Santri Nasional 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. /Kemenag.go.id

Literasi News - Hari Santri Nasional 2022 mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Tema tersebut di usung dan pilih langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Dengan dipilihnya tema tersebut yang mengandung pesan Santri adalah pribadi yang siap sedia mendarmabaktikan hidupnya pada Bangsa dan Negara.

Hari santri Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Oktober. Tanggal tersebut mengacu pada putusan Presiden pada tanggal 22 Oktober 2015 yang di tanda tangani oleh Presiden pada tanggal 22 Oktober 2015 di Jakarta.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Santri Nasional 22 Oktober 1945

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksud untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Selain meluncurkan peringatan tema Hari Santri Nasional 2022, Menag juga meluncurkan Logo Hari Santri Nasional yang mengandung berbagai makna Filosofi seperti berikut:

1. Merangkul. Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. bermakna melindungi, memberikan empati dan kepedulian;

2. Jabat tangan. Makna keakraban dalam setiap pertemuan. saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain;

3. Daun. Daun hijau tidak hanya memberikan kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga memberikan harapan;

Halaman:

Editor: Abdul Rokib

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x