Guru Jadi Ujung Tombak Bantu Menjaga Psikologis Siswa di Masa Pandemi

- 8 November 2021, 20:45 WIB
Ilustrasi belajar daring. Guru menjadi ujung tombak yang bisa membantu menjaga psikologis siswa di masa pandemi Covid-19.
Ilustrasi belajar daring. Guru menjadi ujung tombak yang bisa membantu menjaga psikologis siswa di masa pandemi Covid-19. /AmrThele/Pixabay

Literasi News - Peran guru semakin penting dan menjadi ujung tombak yang bisa membantu menjaga psikologis siswa di masa pandemi Covid-19.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani, memaparkan pentingnya peran guru tersebut.

"Mempersiapkan secara psikologis, kemudian membelajarkan dengan paradigma baru, memilih mengajar anak sesuai dengan kemampuan anak itu sendiri, mengidentifikasi perbedaan anak ini guru adalah ujung tombaknya," katanya, saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin 8 November 2021.

Dia menjelaskan, hilangnya pengetahuan dan keterampilan (learning loss) selama melakukan pembelajaran di rumah menyebabkan adanya penurunan minat belajar dan kesenjangan pembelajaran antarsiswa. "Sehingga guru memiliki peran untuk mengatasi permasalahan tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Kompetisi Sains Nasional 2021, Sebanyak 2.179 Siswa Siap Beradu Kemampuan

Adanya learning loss, menurut Nunuk, membuat guru dituntut untuk menghadapi perbedaan metode belajar melalui pembuatan materi yang memasukkan nilai-nilai kompetensi 4C, seperti berfikir kritis, memiliki kreativitas, kemampuan berkomunikasi dan kemampuan untuk bekerja sama.

"Pembelajaran itu tidak bisa satu untuk semua, tapi pembelajaran ini lebih sesuai dengan kebutuhan anak itu yang menjadi tantangan utama guru pada pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) ini,” kata dia.

Menurut Nunuk, para guru sudah mulai terbiasa dan menguasai penggunaan teknologi, namun kemampuan tersebut perlu lebih ditingkatkan agar bisa lebih menunjang pembelajaran pada saat PTMT dilakukan.

Baca Juga: Kecakapan Literasi dan Numerasi Dibutuhkan, Kemendikbud Ristek Gelar Bimtek

Dia menyarankan agar para guru mengembangkan materi lebih menarik lagi, melalui media yang berbasis virtual, seperti menunjukkan kronologi peristiwa sejarah melalui virtual laboratory atau virtual tour ke tempat-tempat yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Atau mengikuti pelatihan non-berbayar yang disediakan pihaknya untuk meningkatkan kualitas mengajar para guru.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x