Khawatir Manglayang Meletus Seperti Sinabung, peneliti Unpad: Harus Hati-hati

- 20 Januari 2021, 19:33 WIB
Ilustrasi Gunung Semeru
Ilustrasi Gunung Semeru /Pixabay

 

Literasi News - Sudah tiga gunung berapi di Indonesia mengalami erupsi dalam sepekan terakhir ini.

Ancaman erupsi gunung merapi ini menujukan bahwa Indonesia berada di Cincin Api Pasifik, hal tersebut seharusnya mendorong kita untuk tetap siaga, terutama bagi warga yang berada di sekitar titik rawan bencana gunung merapi.

Menurut peneliti kebencanaan Universitas Padjajaran, Dr. Dicky Muslim, M.Sc., mengatakan ada beberapa tanda alam yang bisa dirasakan saat gunung akan meletus.

“Tanda alam pasti ada, tapi apakah kita waspada atau tidak,” kata Dicky dalam siaran tertulisnya Selasa, 19 Januari 2021.

Baca Juga: Kemenag Kekurangan 68.064 Guru dan Dosen. Kuota PPPK 2021 Hanya Dapat 14 Persen

Salah satu tanda gunung akan meletus yaitu terjadi gempa tremor. Gempa tremor terjadi akibat adanya pergerakan magma ke permukaan bumi.

Tanda lain yaitu adalah suara yang bergemuruh, hawa yang berubah menjadi panas, sejumlah mata air yang menjadi panas, adanya guguran kaldera di bagian atas, hingga tanda-tanda biologi seperti keluarnya sejumlah binatang dari hutan gunung.

Dicky menambahkan, dari tiga gunung yang erupsi pekan ini yaitu, Merapi, Semeru, dan Sinabung. Sinabung yang mencuri perhatiannya.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x