Perluas Kepengurusan di Kabupaten/ Kota Jawa Barat, Bazas Gelar Pelatihan Gelombang Pertama

- 10 Oktober 2020, 19:38 WIB
Peserta pelatihan bale Zakat dan Sodakoh berpose bersama.
Peserta pelatihan bale Zakat dan Sodakoh berpose bersama. /Dok./Bale Zakat Sodakoh

 

Literasi News - Guna memperluas sayap serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat atau mustahik di wilayah Jawa Barat, Bale Zakat dan Sodakoh (Bazas) yang diinisiasi santri muda Jawa Barat gelar pelatihan untuk pengurus Bazas di enam Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.


Direktur Bazas Jawa Barat Maulana Yusup mengungkapkan bahwa sebagai umat muslim yang mempunyai keimanan, perlu tau pentingnya zakat, dimana zakat adalah ibadah yang bersifat horizontal yang bersinggungan langsung dengan sesama.

Zakat, lanjut Maulana adalah masdar dari kata Zakka yang berati berkah, bersih dan baik, sehingga sering ada ungkapan. "Bila ingin berkah dalam menjalankan berbagai aktivitas, jika sudah sampai nisobnya keluarkanlah zakatnya, maupun sodakoh, insyaallah usahanya akan tumbuh dan berkembang dengan baik, dan zakat juga pembersih jiwa." ujar Maulana seusai pelatihan di Kantor Bazas Jalan Pungkur Kota Bandung, sabtu 10 Oktober 2020.

Apalagi tutur Maulana masa pandemi global corona yang dialami dan melemahkan sendi-sendi kehidupan masyarakat, pihaknya mengajak umat Islam untuk menyegerakan pembayaran zakat. Selain sebagai sebuah kewajiban setiap individu, zakat di masa sulit seperti ini akan mampu membantu kondisi ekonomi.

"Atas motivasi dan dorongan yang kuat, untuk membangun kesadaran berzakat dan sodakoh, serta pengelolaan dan pendistribusian yang pas sesuai dengan yang disyariatkan maka kami hari ini menggelar pelatihan gelombang pertama buat para calon pengurus Bazas di kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat."paparnya.

Adapun peserta yang ikut dalam pelatihan gelombang I Bale Zakat dan Sodakoh diikuti oleh enam kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat dengan peserta setiap kabupaten/kotanya sebanyak lima orang.

"Pelatihan ini kami titik tekankan untuk bimbingan teknis para pengurus unit cabang bale zakat sodaqoh (gelombang I)," paparnya.


Adapun materi yang disampaikan antara lain soal kelembagaan, zakat, infaq, sodaqoh, dan wakaf menurut syar’i dan undang-undang, marketing, media sosial dan penentuan struktur kepengurusan unit cabang Bale Zakat Sodaqoh.
"Doanya moga jalan kami ini selalu dipermudah dan kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas perjalanan Bazas ini."paparnya.
Turut hadir dalam acara tersebut selain pemateri-pemateri profesional hadir pula pembina Bale Zakat dan Sodakoh H.Oleh Soleh yang juga Wakil ketua DPRD Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x