Tolak RUU Kesehatan, Ribuan Tenaga Kesehatan Turun Ke jalan

- 8 Mei 2023, 18:30 WIB
Tolak RUU Kesehatan, Ribuan Tenaga Kesehatan Turun Ke jalan
Tolak RUU Kesehatan, Ribuan Tenaga Kesehatan Turun Ke jalan /Instagram/@ikatandokterindonesia

Literasi News - Ribuan Tenaga Kesehatan (Nakes) turun ke jalan melakukan aksi dmaia menolak RUU Kesehatan yang sebentar lagi akan disahkan oleh DPR RI di Jakarta pada Senin, 8 Mei 2023.

Aksi damai para nakes yang menolak RUU Kesehatan ini viral di media sosial, utamanya Twitter. Bahkan tagar nakes masuk dalam jajaran trending topic. Selain di Jakarta, aksi damai oleh para nakes pun dilakukan di berbagai negara.

Adapun nakes yang hadir dalam aksi damai menolak RUU Kesehatan itu terdiri dari beberap aliansi organisasi profesi kesehatan. Diantaranya Ikatan Dokter (IDI), Perstuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Baca Juga: Jadwal Acara TransTV Hari Ini Senin 8 Mei 2023, Ikuti Dream Box Indonesia, Bikin Laper, Film Bioskop Trans TV

Diketahui aksi damai tersebut dihadiri kurang lebih 11.000 nakes dari berbagai daerah itu pun menjadi sorotan warganet. Tak sedikit yang merasa prihatin karena nakes sampai haru turun ke jalanan seperti itu.

Keprihatinan Nakes

Ketua Umum PB IDI, Moh Adib Khumaidi menyampaikan aksi damai yang akan dilakukan sejumlah anggota organisasi profesi kesehatan merupakan bentuk keprihatinan atas proses pembahasan regulasi yang terburu-buru dan tidak memperhatikan masukan dari organisasi profesi.

Namun, ia memastikan, aksi damai yang akan dijalankan tersebut tidak akan mengganggu pelayanan kesehatan bagi masyarakat sehingga pelayanan tetap bisa berjalan dengan baik.
Ia menuturkan, terdapat sejumlah pesan yang akan disuarakan dalam aksi damai tersebut.

Antara lain, mengingatkan pemerintah akan banyaknya masalah kesehatan yang perlu dibenahi oleh pemerintah, meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan, dan meningkatkan pemanfaatan teknologi untuk layanan di masyarakat.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x