Dua Menteri Kunjungi Patimban Subang, Bahas Proyek Nasional Kawasan Rebana

- 19 November 2021, 12:56 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat kunjungan ke Pelabuhan Patimban Subang
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat kunjungan ke Pelabuhan Patimban Subang /Instagram/@pemkabsubang

Literasi News - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Subang, Kamis 18 Novemberr 2021.

Giat yang diterima Wakil Bupati Subang Agus Maskur Rosyadi didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni. Giat itu dalam rangka peninjauan lapangan di Pelabuhan Patimban.

Pertemuan tersebut juga sekaligus untuk melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka optimalisasi operasional Pelabuhan Patimban di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban.

Baca Juga: Nelayan Pesisir Pantai Cidaun Cianjur Tidak Melaut, Akibat Cuaca Ekstrem dan Hasil Tangkapan Ikan Minim

Gubernur Jawa Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rakor tersebut berharap pembangunan tol menuju pelabuhan Patimban dibarengi dengan pembangunan jalur kereta api.

Selain itu, di kawasan Patimban ada sekolah tinggi atau politeknik maritim yang berbasis 4.0 sehingga warga Jawa Barat bisa sekolah kemaritiman dam mampu bersaing ketika kawasan Rebana maju.

Kang Emil juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jabar telah mengusulkan lima pembangunan infastruktur, salah satunya pengembangan kawasan Cirebon, Patimban, dan Kertajati yang akan menjadi Kawasan Metropolitan Rebana.

Kawasan Rebana tersebut meliputi daerah Subang, Sumedang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon.

"Akses tol dan jalur kereta api jadi bagian terpenting selain bandara Kertajati untuk mendukung visi kawasan ekonomi strategis Rebana yang akan menyediakan jutaan lapangan pekerjaan," ujar Ridwan Kamil dikutip literasinews.com dari IG @pemkabsubang.

"Hadirnya Patimban akan menjadi simbol kebangkitan dan kejayaan ekonomi Jawa Barat khusunya dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa mencapai 7,6% di tahun 2030 dan pastinya Indonesia juga akan maju," tambahnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x