Kesbang Pol Jabar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Subang

- 2 November 2021, 14:38 WIB
Sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Kesbang Pol Jabar.
Sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Kesbang Pol Jabar. /

Literasi News - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat menggandeng sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Garda Bangsa melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Giat yang digelar di Hotel Nalendra Kabupaten Subang itu, diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan anak muda, Selasa 2 Oktober 2021.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Ucapan Selamat Hari Pahlawan 2021, Berikut Cara Membuatnya

Kepala Kesbangpol Jabar Iip Hidayat menyampaikan, menjadi tugas Kesbangpol untuk menjaga ideologi negara sehingga keutuhan negara bisa terus terjaga.

Dia menceritakan sejarah tanah Pasundan yang sekarang menjadi provinsi Jawa Barat, dimana ada tiga kekuasaan yaitu di sebelah Selatan dikuasai Sultan Hsanudin, di Tengah dikuasai Galuh Pakuan dan sebelha Utara dikuasai Sekh Syarif Hidayatullah.

Jauh sebelum itu, nilai-nilai toleransi masyarakat sudah terbentuk, sehingga meski berbeda keyakinan, bisa menjalankan kehidupan sosial masyarakat bersama-sama secara rukun.

Terlebih, Raja Padjajaran atau Raja Siliwangi yang pada waktu itu berkeyakinan Hindu kemudian menikah dengan santrinya Syekh Quro Karawang yaitu Subang Larang.

Baca Juga: Inilah Syarat Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah atau BSU Rp1Juta Dari Kemnaker

Kemudian lahir tiga orang anak yaitu Walangsungsang, Rarasantang dan Kiansantang, dan ketiganya dipersilahkan oleh raja Padjajaran mengikuti keyakinan ibunya yaitu Islam.

"Karuhun urang ngajarken toleransi (pendahulu kita di Jawa Barat mengajarkan toleransi)," ujar Iip di hadapan peserta.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah