Anggota DPRD Jabar Sidkon Djampi Apresiasi Desa Digital Cangkingan di Indramayu

- 1 Juli 2021, 15:55 WIB
Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Sidkon Djampi (tengah) saat berkunjung ke desa Digital Indramayu.
Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Sidkon Djampi (tengah) saat berkunjung ke desa Digital Indramayu. /Zaenal Mutaqin/Literasi News

Literasi News - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Sidkon Djampi mengapresiasi inovasi yang dilakukan di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Desa tersebut bisa mempermudah pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi, bahkan kini desa itu disebut dengan desa digital.

"Siapapun bisa minta surat keterangan jam brapa pun, tinggl tanda tangan aja ke kadesnya," ujar Sidkon, melalui sambungan ponselnya, Kamis 1 Juli 2021.

Baca Juga: Komisi II DPRD Jabar Ingatkan Gubernur Bidang Pembangunan Ekonomi Masuk Skala Prioritas

Dia mengaku awalnya penasaran, benar tidak dengan kabar adanya desa digital di Kabupaten Indramayu. Karena Sidkon merupakan dewan provinsi yang terpilih dari Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon.

"Namanya desa digital, pelayanan masyarakatnya dengan digitalisasi," tambahnya.

Selain itu, di bidang pemberdayaan masyarakat, desa Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokan Bunder, juga sangat baik. Karena membentuk kelompok masyarakat untuk melakukan budidaya sapi.

"Pengelolaannya dari hulu ke hilir, bahkan kotoran sapinya digunakan untuk pupuk dan pakan ternak," tambah Sidkon seraya menyampaikan yang mengelolanya adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca Juga: Anggota DPRD Jabar Asep Suherman Dorong Pariwisata Jadi Penggerak Ekonomi di Masa Pandemi

Lain dari itu, berkaitan dengan pandemi Covid, penanganan di desa tersebut sangat baik, karena semua sektor terintegrasi, sehingga warga yang terpapar Covid-19 itu sedikit.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x