Hadiri Expo UMKM, Syaiful Huda Mendorong Dibuatnya Kebijakan Ekosistem yang Kondusif Bagi Pelaku UMKM

- 22 Februari 2021, 12:39 WIB
Ketua komisi X DPR RI Syaiful Huda tengah memberi materi dalam acara seminar dan Workshop Expo UMKM. /Zaenal Mutaqin/

Literasi News - Anggota DPR RI Syaiful Huda meminta supaya adanya kebijakan ekosistem yang kondusif untuk pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

"Pemerintah harus bisa memastikan seluruh produk yang diproduksi oleh UMKM secara kontinyu bisa terserap," kata Syaiful Huda.

Hal tersebut disampaikannya dalam sela-sela Acara Expo UMKM Kabupaten Purwakarta di Pondok Pesantren Al-Irfan dengan tema 'Kebangkitan Ekonomi kreatif dan UMKM dalam situasi Pandemi 2021', yang digelar pada Senin, 22 Februari 2021, di Dampingi ketua komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati

Menurutnya pemerintah harus segera secepatnya membuka seluas-luasnya market bagi pelaku UMKM, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Priovinsi, maupun Pemerintah Kabupaten kota.

"Selanjutnya adalah pemerintah juga harus bisa membuat ekosistem dalam konteks permodalan, pelaku UMKM kita perlu kita bantu modalnya," katanya

Baca Juga: Tiga Cara Penyaluran Bansos Tunai (BST) 2021. Berikut ini Penjelasan Dirut PT Pos Indonesia

Namun, menurut Syaiful Huda skema yang nantinya digunakan tidak hanya melalui skema bank. Tapi langsung diberikan langsung kepada pelaku UMKM dengan sistem bantuan direct.

"Rencananya Ada 2,4 juta pelaku UMKM yang semestinya yang harus di afirmasi melalui program penguatan insentif UMKM, tapi bank yang terjadi kan melihat data lagi dia membantu pelau UMKM yang sudah bekerja sama dengan dia," katanya.

Ketua DPW PKB Jawa Barat ini juga menyebutkan persoalan yang terjadi saat ini adalah sulitnya akses pelaku UMKM terhadap persoalan permodalan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X