Sejarah Puasa di Bulan Suci Ramadhan, Kenapa Puasa di Wajibkan Untuk Umat Muslim?

- 24 Maret 2023, 21:09 WIB
Sejarah Puasa di Bulan Suci Ramadhan, Kenapa Puasa di Wajibkan Untuk Umat Muslim?.
Sejarah Puasa di Bulan Suci Ramadhan, Kenapa Puasa di Wajibkan Untuk Umat Muslim?. /Pexels/Alena Darmel/

Literasi News - Puasa di bulan suci Ramadhan, bagi umat Islam memiliki makna yang sangat mendalam dalam rangka penghambaan manusia kepada Allah SWT.

 

Puasa tidak hanya ibadah yang memerlukan peran fisik, tetapi juga memerlukan kesehatan batin, bahkan mampu menyempurnakan batin menjadi hamba yang bertakwa.

Seperti dilansir dari literasinews.com dari laman resmi NU. Takwa yang merupakan muara akhir dari perintah puasa dijelaskan dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183:

Baca Juga: Daftar Nama Pebalap MotoGP 2023 Tergabung dalam 11 Tim Ditayangkan Live Trans7: Ada Bagnaia, dan Bastianini

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa,"(QS. Al-Baqarah: 183)

Sesuai pembahasan tema di atas, potongan ayat كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ (...sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian...)
ini merupakan titik awal mengupas sejarah puasa, khususnya puasa Ramadhan. Singkatnya, ibadah puasa juga telah menjadi kewajiban umat-umat terdahulu yang menerima wahyu.

Pakar Tafsir Muhammad Quraish Shihab dalam karyanya Membumikan Al-Qur’an (2000) menjelaskan, dari segi ajaran agama, para ulama menyatakan bahwa semua agama samawi, sama dalam prinsip-prinsip pokok akidah, syariat, serta akhlaknya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x