Amalan Ini Dianjurkan di Malam Nisfu Syaban: Doa, Shalat Tasbih (Bacaan & Tata Cara), dan Membaca Surat Yasin

- 6 Maret 2023, 20:13 WIB
Amalan Ini Dianjurkan di Malam Nisfu Syaban: Doa, Shalat Tasbih (Bacaan dan Tata Cara), dan Membaca Surat Yasin
Amalan Ini Dianjurkan di Malam Nisfu Syaban: Doa, Shalat Tasbih (Bacaan dan Tata Cara), dan Membaca Surat Yasin /Twibbonize

Literasi News - Nisfu Syaban dikenal sebagai Laylatul Bara’ah yang jatuh setiap pertengahan bulan Syaban menurut kalender Islam. Berikut ini amalan yang dianjurkan pada malam Nishfu Syaban seperti doa, Shalat Tasbih, dan membaca Surat Yasin.

 

Tibanya Malam Nisfu Syaban menjadi malam yang ditunggu-tunggu umat muslim karena sebagai malam pengampunan atau malam maghfirah. Umat Islam dianjurkan mengerjakan berbagai amalan termasuk shalat sunnah tasbih atau Nishfu Syaban.

Imam Al-Gozali dalam Kitab Ihya menambahkan Shalat Tasbih dianjurkan setiap hari dilaksanakan, bila tak mampu bisa satu pekan sekali, bila tak mampu bisa satu bulan sekali.

Baca Juga: Kapan Malam Nisfu Syaban di Tahun 2023? Berikut Tanggal, Amalan dan Keistimewaannya

Apabila belum mampu maka bisa satu tahun sekali, dan bila tidak mampu maka seumur hidup sekali. Namun kalau masih tidak mampu atau tidak melaksanakan selama hidup, maka bisa dinilai termasuk manusia yang kurang sungguh sungguh dalam menjalankan agamanya.

Berdasarkan Kitab, Bajuri Juz 1 Hal 135-136 (alawiyah). Sholat tasbih dilaksanakan empat rakaat, dan keseluruhannya membaca 300 kali tasbih atau 75 kali tasbih pada setiap rakaatnya.

Pelaksanaannya akan lebih afdol, apabila pada waktu siang dilakukan empat rakaat sekaligus atau satu kali salam. Namun bila dilaksanakan pada waktu malam, sebaiknya dengan dua kali salam.

Baca Juga: Hukum Membaca Surat Yasin Tiga Kali Saat Malam Nisfu Syaban, Lengkap dengan Bacaan Doa

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah