Ini Empat Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa Sebagaimana Diajarkan Rasulullah SAW

- 20 April 2021, 04:52 WIB
Ilustrasi. Ini Beberapa Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa Sebagaimana Diajarkan Rasulullah SAW
Ilustrasi. Ini Beberapa Amalan Sunnah Saat Berbuka Puasa Sebagaimana Diajarkan Rasulullah SAW //pexels

Literasi News - Sejak 13 April 2021 umat Islam menjalani puasa Ramadan 1442 Hijriah. Sebagaimana biasanya dalam puasa selama Ramadan, setiap harinya akan menjalani aktivitas berbuka puasa.

Ketika umat Islam berbuka puasa, di dalamnya ada berbagai amalan sunnah yang membawa kebaikan dan keberkahan.

Dikutip Literasinews dari laman resmi Kementerian Agama RI, berikut ini empat amalan sunnah saat berbuka puasa sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW:

Baca Juga: Banyak Kejanggalan, Kemendikbud Harus Tarik Kamus Sejarah RI

1. Menyegerakan Berbuka Puasa
Rasulullah Saw bersabda: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no 1957 – Muslim no.1098).

2. Berbuka Puasa dengan Kurma
Rasulullah SAW berpesan: ”Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih.’ (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

3. Berdoa Sebelum Berbuka Puasa
Ketika berbuka puasa, Rasulullah SAW berdoa: "Dhahaba azh-zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah),” (HR. Abu Daud No. 2357, Hasan).

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Premier League 20-23 April 2021. Nanti Malam, Leeds vs Liverpool Live di NET TV

4. Berdoa Umum Tatkala Berbuka Puasa
Ketika berbuka adalah salah satu dari sekian banyak waktu mustajab atau terkabulnya do’a. Umat muslim agar tidak melewatkannya saat berdoa. Tentunya akan lebih baik lagi bila berdoa dengan doa-doa sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadis dijelaskan: "Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW: “Ada tiga orang yang tidak akan tertolak doanya, yaitu: seorang yang puasa ketika sedang berbuka, seorang imam yang adil, dan do’a seorang yang terzholimi.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban). Wallaahu 'alam bis-shawaab.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x