15 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

- 28 Februari 2023, 07:31 WIB
Kunyit, obat tradisional untuk membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi
Kunyit, obat tradisional untuk membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi /Pixabay @MYCCF/


Literasi News- Rempah-rempah kunyit yang kita tahu adalah salah satu bumbu masak di dapur, lantas apa manfaat bagi kesehatan?.

Perlu kamu ketahui manfaat kunyit pada kesehatan bisa digunakan untuk meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak dari masyarakat yang menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu dasar masakan, teh, dan juga jamu.

Dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada baiknya kamu mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. 

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan Risiko Kanker

Simak 15 manfaat kunyit untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

2. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x