Kunci Agar Menemukan Guru Sejati Dengan Menutup Howo Songo

- 23 Oktober 2022, 09:42 WIB
Ilustrasi - Kunci Agar Menemukan Guru Sejati Dengan Menutup Howo Songo
Ilustrasi - Kunci Agar Menemukan Guru Sejati Dengan Menutup Howo Songo /pexels.com/Max Fischer/

Literasi News - Kunci atau cara bertemu guru sejati dalam diri dengan menutup howo songo, pepatah mengatakan bahwa hidup adalah belajar, setiap jiwa yang dilahirkan dan menjalani kehidupan sebagai manusia sejatinya sedang menjalani proses belajar.

Untuk semakin memurnikan diri sehingga semakin utuh dalam realisasikan kualitas-kualitas ketuhanan, dalam setiap jenis pembelajaran sudah pasti membutuhkan guru termasuk dalam pembelajaran spiritual.

Dimana di dalamnya setidaknya terdapat tiga jenis guru yaitu guru manusia, guru sejati dan guru suci.

Guru manusia adalah perintis pembuka pintu atau penunjuk arah jalan yang harus ditempuh oleh para pejalan spiritual, guru ini berperan di awal perjalanan sebagai pendobrak tatanan pola pikir seorang murid dimana telah dipenuhi oleh bermacam doktrin dan dogma.

Baca Juga: Nonton Beast Tamer Episode 3 Sub Indo Gratis Bukan dari Otakudesu, Anoboy, dan Gomunime, Download Disini

Guru manusia inilah yang kemudian intens mendukung secara spiritual dan energi termasuk dalam mendorong si murid untuk semakin terhubung dengan sang guru sejati. Guru sejati adalah intisari guru yang sebenarnya.

Seorang murid haruslah selalu aktif dan progresif dalam perjalanannya untuk terhubung dengan sang guru sejati, guru sejati adalah realitas ketuhanan yang bertahta di dalam relung hati manusia, dia merupakan manifestasi dari Tuhan itu sendiri.

Percikan yang bertugas membimbing sang jiwa dalam menjalani pembelajaran hidup, sebagaimana sang sumber hidup yang menjadi asalnya. Guru sejatipun memiliki banyak sebutan, ia juga disebut sebagai diri sejati dan sebagainya.

Namun, kesemuanya itu merujuk kepada realitas yang sama yaitu pribadi tertinggi yang bersemayam didalam setiap diri dan menjadi esensi dari setiap jiwa. Sementara guru suci pada prinsipnya adalah sama dengan guru manusia yaitu guru yang berada di luar diri.

Baca Juga: 40 Link Twibbon Hari Santri Nasional 2022, Sangat Cocok Dibagikan di Status WA

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x