Tips Merawat dan Memakai Kartu Memori Biar Awet, Stabil dan Data Penting Aman

- 4 Februari 2021, 15:48 WIB
Ilustrasi, Tips Merawat dan Memakai Kartu Memori Biar Awet, Stabil dan Data Penting Aman
Ilustrasi, Tips Merawat dan Memakai Kartu Memori Biar Awet, Stabil dan Data Penting Aman /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Semua orang yang memiliki gadget pasti tidak asing lagi dengan yang namanya memory card atau sering juga disebut kartu memori. Memory card ini ukurannya sangat kecil tetapi memiliki fungsi sangat besar.

Kartu memori yakni media penyimpanan data digital pada sebuah perangkat, contohnya kamera digital, hanphone, tablet dan lainnya. Data digital tersebut bisa berupa dokumen, gambar, audio, dan video

Untuk memastikan pengoperasian kartu memori yang stabil, sebaiknya gunakan perangkat yang dipakai untuk memformat kartu memori ketika pertama kali dipakai.

Baca Juga: ShopeePay Tangkap Antusiasme Masyarakat Bayar Tagihan Online Selama 2020

Perlu diketahui memformat akan menghapus semua data yang tersimpan di kartu memori dan data tersebut tidak dapat dikembalikan. Oleh karena itu sebelum memformat sebaiknya pastikan data penting digandakan ke PC atau penyimpanan lain.

Ketika menggunakan kartu memori berulang kali merekam/menghapus gambar atau file dalam jangka waktu yang panjang, pada kartu memori akan terjadi fragmentasi.

Oleh karena itu sebaiknya simpan data atau gambar penting ke PC atau lokasi penyimpanan lain, setelah itu baru format kartu memorinya. Data yang penting atau dibutuhkan bisa dikembalikan ke kartu memori yang sudah di format.

Baca Juga: Ibu dan Anak Meninggal Dunia, Diduga Alami Keracunan Usai Konsumsi Tutug Oncom

Kartu memori yang diformat dengan komputer tidak menjamin bisa dioperasikan dengan baik oleh perangkat yang kita miliki, sebaiknya format menggunakan perangkat yang digunakan, baik kamera ataupun smartphone.

Kecepatan baca/penulisan data bervariasi, tergantung pada kombinasi kartu memori dan peralatan yang digunakan.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: sony.net


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x