Kurs Rupiah Berpeluang Menguat Hari Ini Rabu 23 Februari 2022, Ini Penyebab dan Prediksi dari Pengamat

- 23 Februari 2022, 10:20 WIB
Ilustrasi lembaran rupiah dan dolar AS. Kurs rupiah berpeluang menguat terhadap dolar AS pada hari ini Rabu 23 Februari 2022.
Ilustrasi lembaran rupiah dan dolar AS. Kurs rupiah berpeluang menguat terhadap dolar AS pada hari ini Rabu 23 Februari 2022. /ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/am./

Literasi News - Kurs rupiah berpeluang menguat terhadap dolar AS pada hari ini Rabu 23 Februari 2022.

Tercatat, kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi ini menguat.

Kurs rupiah bergerak menguat 16 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp14.350 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.366 per dolar AS.

Analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya menjelaskan, kurs rupiah masih dipengaruhi faktor eksternal terutama terkait kondisi geopolitik di Eropa Timur yang bisa mempengaruhi ekonomi global.

"Hari ini kemungkinan masih diliputi oleh sentimen negatif global," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Disebutkan, sentimen dari global itu dipengaruhi oleh memburuknya kondisi geopolitik di Eropa Timur, setelah militer Rusia memasuki wilayah Timur Ukraina.

"Negara-negara barat, Amerika Serikat, dan Jerman telah mengenakan berbagi sanksi terhadap Rusia, dan hal itu dapat berdampak kepada ekonomi global," tuturnya.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian, Antam Rp1.011.000 Per Gram Hari Ini Rabu 23 Februari 2022, Ada Motif Retro dan Batik

Sedangkan faktor internal dari dalam negeri masih dipengaruhi perkembangan kasus positif Covid-19. "Dari dalam negeri sebenarnya prospek cukup baik terhadap pengendalian pandemi dan prospek ekonomi tahun ini," ujar Rully.

Dia memprediksi kurs rupiah hari Rabu ini akan bergerak di kisaran Rp14.323 hingga Rp14.395 per dolar AS.***

Editor: Hasbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x