Harbolnas 9.9, Intip 5 Tips Belanja Online Agar Kantong Aman

- 9 September 2020, 16:08 WIB
ILUSTRASI belanja online.* //Dok.Pikiran Rakyat/
 

Penulis ; Yunitasari Ciptadi

 
Literasi News : Sejumlah toko daring maupun  E-Commerce sedang menyelenggarakan hari belanja nasional 9.9, yang jatuh tepat pada hari ini 9 September 2020. Akan banyak tawaran promo menarik yang bertebaran untuk para calon pembeli, mulai dari diskon hingga cashback berpeluang untuk di dapatkan. 
 
Belanja online memang sedang menjamur, sehingga banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Hanya dengan memegang gadget dan tanpa mengganggu kegiatan, kita bisa berbelanja tanpa harus mendatangi toko. Selain itu, banyak diskon yang ditawarkan oleh E-Commerce maupaun toko daring untuk menarik perhatian para konsumen. 
 
Selain dengan kenyamanan yang dihadirkan pada belanja online, jika tidak berhati-hati dalam menggunakannya, akan menimbulkan kerugian juga pada kita sebagai pembeli. Maka dari itu, ada beberapa tips belanja online agar dapat menguntungkan. 
 
1. Bandingkan produk di  sejumlah toko 
Dalam belanja online, sebaiknya kita sebagai konsumen harus lebih jeli dalam memilih produk yang akan dibeli, mulai dari harga dan promo yang ditawarkan untuk menghemat jumlah pembayaran yang harus dibayarkan, kualitas produk yang dapat dilihat pada ulasan produk yang diberikan oleh pembeli. 
 
2. Selalu cek kolom promo 
Pada e-commerce kolom promo biasanya tersedia pada halaman utama atau sering muncul pada notifikasi pesan. Selain itu pada toko daring biasanya rutin memberi tahu akan promo dan diskon di situs web atau di instagram. Usahakan cek selalu promo yang diberikan dan ketentuan promo, serta gunakan sebaik mungkin. 
 
3. Belanja di hari tertentu
 
Jika dompet tidak sesuai dengan keinginan, maka tunda dulu keinginan tersebut. Biasanya promo yang menarik banyak di tawarkan di hari-hari tertentu saja, misalnya harbolnas dan hari-hari besar. 
 
4. Gratis ongkir
Pada saat check out, jangan lupa pilih menu gratis ongkir untun menghemat belanja. Jika tidak ada, maka pilih toko yang menyediakan gratis ongkir untuk kita sebagai pembeli. 
 
5. Jenis pembayaran
Tak hanya kolom gratis ongkir, jenis pembayaran juga harus diperhatikan. Beberapa jenis pembayaran juga biasanya menyediakan diskon diluar harga produk. Misalnya seperti Ovo, Gopay, dan Shopeepay.***

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X