Kemendikbud Tumbuhkan Apresiasi Kaum Muda Melalui Tapak Tilas Virtual Sejarah Pergerakan Kemerdekaan

- 31 Oktober 2020, 21:36 WIB
Logo Kemendikbud
Logo Kemendikbud /Kemendikbud.go.id/

Dalam rangka menumbuhkembangkan apresiasi kaum muda terhadap sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka),Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan kegiatan dengan tema ‘Pemuda Hebat, Pemuda Berkarakter’.

Sebagai rangkaian dari Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, acara ini dilakukan secara dalam jaringan (daring) pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020 dan
disiarkan melalui kanal YouTube Puspeka Kemendikbud.

Acara Tapak Tilas virtual tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na`im.Dalam sesi pembukaan, ia memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

“Melalui acara ini, meskipun di dalam suasana pandemi tidak menjadi penghalang untuk kita terus belajar serta sekiranya dapat mendorong masyarakat untuk dapat mengunjungi museum,” ucap Ainun Na`im dalam sambutannya di Jakarta, Sabtu (31/10).

Baca Juga: Presiden Membuka Pekan Kebudayaan Nasional 2020

Selanjutnya, Kepala Puspeka Kemendikbud, Hendarman, mengungkapkan bahwa pada awalnya peserta dibatasi sebanyak 4000, namun melihat animo yang cukup besar, kapasitas peserta ditambah sehingga
tercatat sekitar 4800 peserta pelajar maupun mahasiswa yang mengikuti mengikuti acara ini.

“Meskipun pelaksanaan acara di hari Sabtu, ketika adik-adik, teman-teman sekalian seharusnya berlibur bersama keluarga, namun dengan penuh semangat mengikuti acara di hari ini,” ungkapnya ketika menyampaikan laporan kegiatan secara virtual pada kesempatan yang sama.

Hendarman menjelaskan, rangkaian acara akan diisi oleh para narasumber yang luar biasa, dan para peserta diajak mengunjungi tiga museum secara virtual yaitu Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, dan Museum Naskah Perumusan Proklamasi.

Baca Juga: Peluncuran Pasarbudaya

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: Kemendikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x