Penting, Lima Hal ini Harus Diperhatikan saat Menjalani Isolasi Mandiri di Rumah

- 12 Oktober 2020, 15:30 WIB
Dokter Spesialis Paru-paru RS Siloam ASRI Jakarta dr. Maydie Esfandiari, Sp.P
Dokter Spesialis Paru-paru RS Siloam ASRI Jakarta dr. Maydie Esfandiari, Sp.P /Dok. Satgas Penanganan Covid 19/

Literasi News - Bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau OTG yang menjalani isolasi mandiri di rumah setidaknya harus memperhatikan lima hal ini. Intinya si pasien sebisa mungkin harus menghindari sentuhan dengan anggota keluarga lainnya guna menghindari penularan.

Dokter Spesialis Paru-paru RS Siloam ASRI Jakarta dr. Maydie Esfandiari, Sp.P dalam talkshow “Update Wisma Atlet: Harapan Sembuh bagi Pasien Covid-19” di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta, pekan kemarin.

Melalui laman resmi Satgas Covid19, Maydie menekankan jika mengalami gejala sesak nafas, nyeri dada, atau merasa tak nyaman maka segera pergi ke rumah sakit.

Baca Juga: Bantuan Kuota Belajar Bulan Kedua Disalurkan mulai 22 Oktober 2020

Ia mengatakan pasien tanpa gejala dibolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah, selama memiliki tempat. Namun jika tempatnya tak memungkinkan, lebih baik ke rumah sakit atau hotel isolasi mandiri yang telah disiapkan pemerintah setempat.

Menurutnya, saat menjalani isolasi mandiri di rumah ada lima hal penting yang perlu diperhatikan bagi pasien OTG. Berikut ke lima hal tersebut :

Pertama, pantau suhu tubuh dua kali sehari guna memastikan kestabilan suhunya. Jika suhunya terus naik, maka segera periksakan ke rumah sakit terdekat. 

Baca Juga: Lima Mahasiswa 'Tim Shine' ITT Purwokerto Kembangkan Prototipe Robot Pemadam Kebakaran

Kedua, pasien harus berada di dalam kamar dan tidak keluar guna menghindari penularan ke anggota keluarga lainnya. Bagi anggota keluarga, harus menggunakan masker.

Ketiga, fasilitas kamar yang ditempati pasien diusahakan terdapat ventilasi yang memadai agar sirkulasi udara berjalan normal.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: covid19.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x