Merespons Siswa Terobos Sungai ke Sekolah, Pemkab Cianjur Rencanakan Bangun Jembatan Gantung di Cikadu

- 1 Agustus 2022, 18:22 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman.*
Bupati Cianjur Herman Suherman.* /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Pemkab Cianjur merencanakan pembangunan jembatan gantung di Desa Sukaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hal itu sebagai penunjang infrastruktur warga setempat, terutama bagi para siswa sehingga tidak lagi harus menantang maut menerobos air Sungai Ciujung yang kerap meluap karena tidak adanya akses jembatan.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut dan telah memerintahkan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkimtan) Kabupaten Cianjur, agar secepatnya merencanakan pembangunan jembatan.

"Memang harus segera direncanakan dan saya sudah perintahkan Dinas Perkimtan menangani persoalan ini," kata Herman, kepada wartawan, Senin 1 Agustus 2022.

Herman menyebutkan, masih banyak terdapat infrastruktur jembatan yang dimanfaatkan pelajar dalam kondisi rusak.

"Namun, saya sudah perintahkan kepada para camat dan kepala desa untuk mengumpulkan data dan mengecek kondisi wilayah masing-masing. Jangan sampai ada anak sekolah yang menyeberangi sungai tanpa jembatan. Saya tugaskan para camat berkoordinasi dengan para kades," jelasnya.

Baca Juga: Tak Ada Akses Jembatan, Siswa SD di Cikadu Cianjur Bertaruh Nyawa Demi Menuntut Ilmu di Sekolah

Namun, Herman tidak mengetahui persis jumlah jembatan yang saat ini kondisinya rusak. Herman menyarankan agar bisa mengonfirmasikan ke Dinas Perkimtan sebagai leading sector.

Sebelumnya, siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Padawaras, Desa Sukaluyu, Kecamatan Cikadu, harus menantang maut menerobos air Sungai Ciujung yang kerap meluap.

Tidak adanya akses jembatan di wilayah itu membuat para siswa dan warga setempat terpaksa membelah aliran arus sungai yang kencang sepanjang 100 meter.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x