UNESCO Pertahankan Akreditasi Asosiasi Tradisi Lisan Indonesia, Jadi Mitra Warisan Budaya Takbenda Dunia

- 25 Desember 2021, 11:27 WIB
ilustrasi UNESCO.* UNESCO mempertahankan akreditasi Asosiasi Tradisi Lisan Indonesia, menjadi mitra warisan budaya takbenda.
ilustrasi UNESCO.* UNESCO mempertahankan akreditasi Asosiasi Tradisi Lisan Indonesia, menjadi mitra warisan budaya takbenda. /commons wikimedia

Literasi News - UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mempertahankan akreditasi Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) atau Oral Traditions Association Indonesia, untuk menjadi mitra dalam memelihara warisan budaya takbenda (Konvensi 2003).

Duta Besar dan Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Ismunandar, menyampaikan bahwa kehormatan yang diberikan UNESCO ini antara lain berkat kontribusi ATL dalam pelaksanaan upaya pemeliharaan warisan budaya tak benda di tingkat nasional. Serta kerjasama di tingkat bilateral, sub-regional, regional dan internasional.

Keputusan tersebut diumumkan dalam sidang ICH (Intangible Cultural Heritage) UNESCO secara daring dengan tuan rumah di Paris, pada Sabtu 18 Desember 2021 lalu.

Sesuai dengan semangat Konvensi 2003, Negara pengusul harus melibatkan lembaga swadaya masyarakat (LSM) terkait dalam pelaksanaan Konvensi, antara lain dalam mengidentifikasi dan mendefinisikan warisan budaya takbenda.

Baca Juga: Gamelan Menjadi Warisan Budaya Dunia, Mendikbud Ristek Sampaikan Apresiasi Kepada Pegiat Budaya

Baca Juga: Sebanyak 289 Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2021 Ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek

Ismunandar menjelaskan bahwa hingga saat ini ada tiga LSM Indonesia yang terakreditasi di UNESCO, yakni ATL (sejak 2012), Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (sejak 2014), dan Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (sejak 2014).

"Dalam waktu dekat dua LSM lain, yakni Yayasan Batik Indonesia dan Stuppa, diharapkan akan resmi terakreditasi," ujarnya, dilansir laman resmi Kemendikbud Ristek.***

Editor: Hasbi

Sumber: Kemendikbud Ristek


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x